Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105465
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorULVA, Nur Laila-
dc.contributor.authorKANTUN, Sri-
dc.contributor.authorWIDODO, Joko-
dc.date.accessioned2021-11-18T01:51:33Z-
dc.date.available2021-11-18T01:51:33Z-
dc.date.issued2018-01-02-
dc.identifier.issnKODEPRODI210301#PendidkanEkonomi-
dc.identifier.issnNIDN 0007105802-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105465-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan E-Learning dengan media Schoology dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017, 2) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Schoology pada Kompetensi Dasar Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 2,7 dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 3,5 dengan kriteria tinggi pada siklus II. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, meningkatkan menjadi 86,19 dengan ketuntasan klasikal 83,33% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan e-learning dengan media Schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia semester genap tahun ajaran 2016/2017.en_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomien_US
dc.subjectMotivasi belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectmedia schoologyen_US
dc.titlePenerapan E-learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesiaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_NUR LAILA ULVA_JURNAL_PENERAPAN E-LEARNING DENGAN MEDIA SCHOOLOGY UNTUK.pdf1.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.