Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105465
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ULVA, Nur Laila | - |
dc.contributor.author | KANTUN, Sri | - |
dc.contributor.author | WIDODO, Joko | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-18T01:51:33Z | - |
dc.date.available | 2021-11-18T01:51:33Z | - |
dc.date.issued | 2018-01-02 | - |
dc.identifier.issn | KODEPRODI210301#PendidkanEkonomi | - |
dc.identifier.issn | NIDN 0007105802 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105465 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan E-Learning dengan media Schoology dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017, 2) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Schoology pada Kompetensi Dasar Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 2,7 dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 3,5 dengan kriteria tinggi pada siklus II. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, meningkatkan menjadi 86,19 dengan ketuntasan klasikal 83,33% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan e-learning dengan media Schoology dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SOS 1 SMAN 4 Jember pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia semester genap tahun ajaran 2016/2017. | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.subject | Motivasi belajar siswa | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa | en_US |
dc.subject | media schoology | en_US |
dc.title | Penerapan E-learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_NUR LAILA ULVA_JURNAL_PENERAPAN E-LEARNING DENGAN MEDIA SCHOOLOGY UNTUK.pdf | 1.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.