Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105439
Title: The Role Of Peer Group Education In Improving Basic Life Support (Bls) Abilities Of Farmersin Lumajang
Authors: WIDIANTO, Eko Prasetya
MAISYAROH, Arista
FIBRIANSARI, Rizeki Dwi
Keywords: Peer Group Education
Bantuan Hidup Dasar
Petani.
Issue Date: 4-Apr-2021
Publisher: Journal of Urban Sociology (JUS)
Abstract: Pengurangan risiko kegawatdaruratan terpadu petani berbasis agricultural nursing sangat diperlukan dengan peningkatan kemampuan petani. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bantuan hidup dasar (BHD) pada petanidenganpendekatan peer groupeducation di Kabupaten Lumajang.Desain pada penelitian ini adalah quasy-experimental dengan rancangan pre and post testgroup design pada 209 responden. Analisis bivariate dalam penelitian ini menggunkan uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruhkemampuan BHD sebelum dan sesudahdiberikan peer groupeducation. Responden mayoritas berjenis kelamin laki-laki sebanyak 168 orang (80,4%) denganusia produktif 35-50 94 orang (45%) dan tingkat pendidikan SMA 84 orang (41%).Sebelum dilakukan pendampingan sebesar 72% dalam kategori kurang meningkat menjadi 56% memiliki kemamuan baik setelah diberikan pendampingan tentang BHD. Penerapan pendekatan peer group education diharapkan mampu meningkatkan keselamatan di area pertanian dan meminimalkan bahan bahaya di lingkungan kerja pertanian. Untuk meningkatkan kemampuan petani tentang bantuan hidup dasar, tidak hanya dengan metode pelatihan saja, tetapi dapat diperoleh dari media elektronik maupun media cetak mengenai aplikasi tentang bantuan hidup dasar.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105439
ISSN: KODEPRODI2310101#Ilmu Keperawatan
NIDN3430088601
NIDN3428058201
NIDN3411028701
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F KEPERAWATAN_EKO PRASETYA W_JURNAL_THE ROLE OF PEER GROUP EDUCATION IN.pdf633.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.