Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105359
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMONITA, Krisianti Ayu-
dc.contributor.authorNARULITA, Erlia-
dc.contributor.authorBUDIARSO, Aris Singgih-
dc.date.accessioned2021-10-12T03:30:05Z-
dc.date.available2021-10-12T03:30:05Z-
dc.date.issued2021-01-05-
dc.identifier.issnKODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi-
dc.identifier.issnNIDN0005078004-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105359-
dc.description.abstractPerkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) turut menyebabkan pendidikan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara garis besar, pembelajaran Abad ke-21 memiliki prinsip berpusat pada siswa, kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat (Zubaidah, 2016). Menurut Wagner (2010) keterampilan siswa ditekankan pada tujuh keterampilan berikut: (1) kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, (2) kolaborasi dan kepemimpinan, (3) ketangkasan dan kemampuan beradaptasi, (4) inisiatif dan berjiwa entrepeneur, (5) mampu berkomunikasi efektif baik secara oral maupun tertulis, (6) mampu mengakses dan menganalisis informasi, dan (7) memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi. Pada pembelajaran saat ini, keterampilan berpikir kritis menjadi pilihan utama yang harus dikuasai oleh siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa beradaptasi dan mengatasi masalah-masalah yang akan terjadi di lingkungan sekitar mereka (Shanti et al., 2018). Keterampilan berpikir kritis mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan karena siswa akan dilatih untuk mengamati keadaan, memunculkan pertanyaan, merumuskan hipotesis, melakukan observasi dan mengumpulkan data, lalu memberikan kesimpulan. Selain itu, berpikir kritis juga melatih siswa untuk berpikir logis dan tidak menerima sesuatu dengan mudah (Wahyuni, 2015).en_US
dc.publisherJurnal Magifera Eduen_US
dc.subjectKeterampilan berpikir kritisen_US
dc.subjectLocal wisdomen_US
dc.subjectBahan ajar IPAen_US
dc.titleThe Effectiveness Of Local Wisdom-based Science Teaching Materials In Improving High School Students Critical Thinking Skillsen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_ERLIA NARULITA_JURNAL_THE EFFECTIVENESS OF LOCAL WISDOM-BASED SCIENCE TEACHING.pdf952.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.