Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105359
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MONITA, Krisianti Ayu | - |
dc.contributor.author | NARULITA, Erlia | - |
dc.contributor.author | BUDIARSO, Aris Singgih | - |
dc.date.accessioned | 2021-10-12T03:30:05Z | - |
dc.date.available | 2021-10-12T03:30:05Z | - |
dc.date.issued | 2021-01-05 | - |
dc.identifier.issn | KODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi | - |
dc.identifier.issn | NIDN0005078004 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105359 | - |
dc.description.abstract | Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) turut menyebabkan pendidikan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara garis besar, pembelajaran Abad ke-21 memiliki prinsip berpusat pada siswa, kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat (Zubaidah, 2016). Menurut Wagner (2010) keterampilan siswa ditekankan pada tujuh keterampilan berikut: (1) kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, (2) kolaborasi dan kepemimpinan, (3) ketangkasan dan kemampuan beradaptasi, (4) inisiatif dan berjiwa entrepeneur, (5) mampu berkomunikasi efektif baik secara oral maupun tertulis, (6) mampu mengakses dan menganalisis informasi, dan (7) memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi. Pada pembelajaran saat ini, keterampilan berpikir kritis menjadi pilihan utama yang harus dikuasai oleh siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa beradaptasi dan mengatasi masalah-masalah yang akan terjadi di lingkungan sekitar mereka (Shanti et al., 2018). Keterampilan berpikir kritis mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan karena siswa akan dilatih untuk mengamati keadaan, memunculkan pertanyaan, merumuskan hipotesis, melakukan observasi dan mengumpulkan data, lalu memberikan kesimpulan. Selain itu, berpikir kritis juga melatih siswa untuk berpikir logis dan tidak menerima sesuatu dengan mudah (Wahyuni, 2015). | en_US |
dc.publisher | Jurnal Magifera Edu | en_US |
dc.subject | Keterampilan berpikir kritis | en_US |
dc.subject | Local wisdom | en_US |
dc.subject | Bahan ajar IPA | en_US |
dc.title | The Effectiveness Of Local Wisdom-based Science Teaching Materials In Improving High School Students Critical Thinking Skills | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_ERLIA NARULITA_JURNAL_THE EFFECTIVENESS OF LOCAL WISDOM-BASED SCIENCE TEACHING.pdf | 952.94 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.