Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105341
Title: | Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa |
Authors: | RIZAL, M. Saiful Kantun, Sri Kartini, Titin |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING MINAT BELAJAR HASIL BELAJAR BENTUK PASAR DALAM KEGIATAN SMP |
Issue Date: | 2-Sep-2019 |
Publisher: | Jurnal Pendidikan Ekonomi |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03 dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus II. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105341 |
ISSN: | KODEPRODI0210301#Pendidikan Ekonomi NIDN0007105802 NIDN0005128004 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_SAIFUL_JURNAL_PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK.pdf | 736.85 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.