Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105341
Title: Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa
Authors: RIZAL, M. Saiful
Kantun, Sri
Kartini, Titin
Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING
MINAT BELAJAR
HASIL BELAJAR
BENTUK PASAR DALAM KEGIATAN
SMP
Issue Date: 2-Sep-2019
Publisher: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Plus Sunan Drajat Jember pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I mendapatkan kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,67 meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dengan skor rata-rata 3,62. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 78,03 dengan ketuntasan klasikal 71,42% menjadi 86,42 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,86% pada siklus II.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105341
ISSN: KODEPRODI0210301#Pendidikan Ekonomi
NIDN0007105802
NIDN0005128004
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_SAIFUL_JURNAL_PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK.pdf736.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.