Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105310
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSETYOWATI, Arum
dc.contributor.authorKantun, Sri
dc.contributor.authorKartin, Titin
dc.date.accessioned2021-10-07T04:14:40Z
dc.date.available2021-10-07T04:14:40Z
dc.date.issued2019-09-02
dc.identifier.issnKODEPRODI0210301#PendidikanEkonomi
dc.identifier.issnNIDN0007105802
dc.identifier.issnNIDN0005128004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105310
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Improve dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 4 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,3 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,8 menjadi 3,1 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang di dapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian siswa pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 78,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,2%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 83,3%.en_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosialen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN IMPROVEen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectMateri Akuntansien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Akuntansi 4 Smk 1 Pancasila Ambulu Jember Pada Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN_ARUM.pdf562.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.