Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105250
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSISWANTORO, Endro-
dc.contributor.authorSUWITO, Abi-
dc.date.accessioned2021-09-27T03:39:50Z-
dc.date.available2021-09-27T03:39:50Z-
dc.date.issued2021-07-03-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105250-
dc.description.abstractSukarnya materi pecahan pada kelas V sekolah dasar, perlu mendapatkan perhatian yang ekstra. Secara umum, usia pada siswa sekolah dasar mempunyai kecendurungan untuk bermain. Apabila siswa pada kelas V kemudian diberikan persoalan terkait materi pecahan, maka berdasarkan hasil observasi, siswa lebih memilih untuk menghindari persoalan tersebut. Media PISED merupakan salah satu media pembelajaran matematika yang dikembangkan untuk menanggulangi problem tersebut. Penggunaan yang mudah dan praktis menjadi faktor yang mampu menunjang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi pecahan kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Adapun untuk rancangan penelitiannya menggunakan t-test. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di Sananwetan Kota Blitar yang kemudian dibagi menjadi kelompok kontrol sebanyak 34 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 34 siswa. Intrumen penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soalsoal materi pecahan. Hasil yang didapatkan pada kelas kontrol adalah 76 nilai terendahnya, 83 nilai tertingginya dan 80,5 untuk nilai rata-ratanya. Pada kelas eksperimen didapatkan 80 nilai terendahnya, 87 nilai tertingginya dan 83,1 untuk nilai rata-ratanya. Ditinjau dari t-test, maka didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimenen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherjurnal Pendidikan Riset & Konseptualen_US
dc.subjectPeningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Melalui Media PISEDen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Melalui Media PISEDen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika-
dc.identifier.nidnNIDN0011028501-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP-Jurnal_abi suwito_Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah pada.pdf442.05 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.