Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105029
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUKHAROMAH, Siti-
dc.contributor.authorDJAJA, Sutrisno-
dc.contributor.authorKANTUN, Sri-
dc.date.accessioned2021-08-10T02:46:23Z-
dc.date.available2021-08-10T02:46:23Z-
dc.date.issued2018-09-28-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105029-
dc.description.abstractAktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember masih dalam kategori rendah yang disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak melibatkan siswa secara aktif. Hal itu tentu berdampak pada kurangnya kemandirian siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,6 meningkat menjadi 3,1 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa 77,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 82,2 dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosialen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Proyeken_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMata Pelajaran Akuntansien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210301#Pendidikan Ekonomi-
dc.identifier.nidnNIDN0002035402-
dc.identifier.nidnNIDN0007105802-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_SRI KANTUN-PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK.pdf430.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.