Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105028
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANSARI, Evi Wahyu-
dc.contributor.authorKANTUN, Sri-
dc.contributor.authorSUHARSO, Pudjo-
dc.date.accessioned2021-08-10T02:32:11Z-
dc.date.available2021-08-10T02:32:11Z-
dc.date.issued2018-01-02-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105028-
dc.description.abstractModul merupakan salah satu hal yang mendukung keberhasilan kegiatan pembelajaran. Modul yang selama ini digunakan di MAN 1 Jember merupakan modul berupa buku teks atau buku paket yang diterbitkan oleh penerbit dan disajikan dalam bentuk cetak. Buku paket tersebut diterbitkan secara umum tanpa memperhatikan karakteristik penggunanya. Untuk melengkapi modul yang digunakan oleh guru maka diperlukan E-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa kelas XI IPS MAN 1 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Four D oleh Thiagarajan et al. Model pengembangan tersebut terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Subyek uji coba dalam penelitian ini meliputi subyek uji coa kelompok terbatas yaitu 10 siswa kelas XI IPS 3 dan subyek uji coba kelompok luas yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 MAN 1 Jember. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi E-modul, lembar hasil wawancara, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif. Kemenarikan E-modul dilihat dari hasil angket respon siswa, tingkat efisiensi E-modul diketahui dari hasil wawancara dengan guru dan siswa sedangkan efektifitas E-modul dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa yang diketahui dari nilai pretest dan postest. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah E-modul yang dikembangkan lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan dengan modul yang digunakan sebelumnyaen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosialen_US
dc.subjectE-modul pembelajaran ekonomien_US
dc.subjectpasar modalen_US
dc.subjectmodel pengembangan Four Den_US
dc.titlePengembangan E-modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017en_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210301#Pendidikan Ekonomi-
dc.identifier.nidnNIDN0007105802-
dc.identifier.nidnNIDN0016115905-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_SRI KANTUN-PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR.pdf715.58 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.