Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104445
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi
Authors: FEBRIANI, Risa
SURATNO, Suratno
FIKRI, Kamalia
Keywords: Resource Based Learning
Snowball Throwing
Metacognisi dan hasil belajar(hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa).
Issue Date: 1-Jul-2015
Publisher: JURNAL EDUKASI UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap metakognisi dan hasil belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸ subyek dipilih secara random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Anakova untuk hasil belajar kognitif dan Uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar afektif, sementara untuk metakognisi diolah dengan menggolongkan dalam kriteria nilai sesuai dengan acuan yang berlaku dalam rating scale kesadaran metakognitif. Kesimpulan dari penelitian ini yakni model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing berpengaruh terhadap metakognisi siswa, lalu terdapat pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa, serta terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dikombinasikan dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar afektif siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104445
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL)_KAMALIA FIKRI.pdf623.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.