Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103962
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SUKIDIN M. | - |
dc.contributor.advisor | SUHARSO, Pudjo | - |
dc.contributor.author | MARTIYANI, Dwi | - |
dc.date.accessioned | 2021-04-07T04:28:19Z | - |
dc.date.available | 2021-04-07T04:28:19Z | - |
dc.date.issued | 2020-09-15 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103962 | - |
dc.description.abstract | Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengetahui progress atau capaian pembelajran yang telah dilakukan. Dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu siswa paham akan materi yang diberikan oleh guru. Salah satu caranya dalah dengan tes, tes yang dibuat oleh guru sendiri akan relevan dengan keadaan siswa serta tingkat pemahamanan siswa. Dalam tes guru salah satunya adalah membuat tes buatan guru yang bersifat objektif. Penilaian instrumen dibutuhkan analisis butir soal agar menjadi instrumen yang berkualitas. SMA Negeri 5 Jember menggunakan soal buatan guru untuk mengetahui pencapaian siswa dan tujuan pembelajaran tercapai atau belum. Dalam Penilaian akhir Semester Gasal Tahun Ajaran kelas XI didapati nilai siswa yang kurang memuaskan dan banyak hampir separuh siswa kelas XI IPS tidak tuntas atau dengan kata lain nilai yang didapat dibawah KKM atau rata-rata yang telah ditentukan oleh guru. Untuk mengetahui kualitas butir soal terutama validitas dan reliabilitasnya perlu dilakukan analisis butir soal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Lokasi yang dijadikan penelitian adalah SMA Negeri 5 Jember. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Penentuan subjek dan objek penelitian menggunakan metode purposive. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data validitas dan reliabilitas melalui perhitungan skor yang diperoleh siswa. Hasil perhitungan menunjukkan sejumlah 25 soal valid sebesar 72% sedangkan didapatkan sejumlah 10 soal yang tidak valid sebesar 28%. Rentangan tingkat validitas soal valid mulai dari 0,238 sampai dengan 0,577. Ada beberapa alasan yang menyebabkan soal tidak valid yaitu Faktor yang mempengaruhi validitas ada 3 yaitu, 1). Faktor yang berasal dari dalam tes; 2) Faktor dari administrasi dan skor tes; dan 3) faktor dari jawaban siswa. Untuk soal yang tidak valid rentangan indeks validitas sebesar -1,560 sampai dengan 0,185. Untuk reliabilitas soal keseluruhan soal Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020 Mata Pelajaran Ekonomi buatan kelas XI mempunyai indeks reliabilitas sebesar 0,729 dimana soal PAS tersebut sudah memiliki tingkat reliabilitas tinggi dan reliabel. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210301066; | - |
dc.subject | butir soal penilaian akhir semester gasal | en_US |
dc.subject | butir soal penilaian | en_US |
dc.subject | semester gasal | en_US |
dc.title | Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Sman 5 Jember Tahun Ajaran 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 0210301 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Dwi Martiyani - 130210301066.pdf-.pdf | 5.58 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools