Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103955
Title: Hubungan Kualifikasi Akademik Guru Dengan Manajemen Kesiswaan DI TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: LATIEF, Misno A.
YULIATI, Nanik
FITRI, Lailatus Siyamu
Keywords: kualifikasi akademik Guru
akademik Guru
guru
manajemen kesiswaan
kesiswaan
Issue Date: 18-Mar-2020
Publisher: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 150210205023;
Abstract: Manajemen kesiswaan di sekolah diperlukan sebagai penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari sekolah. Kualifikasi akademik guru meliputi ijazah formal pendidikan terakhir, relevansi pendidikan, dan sertifikat guru. Manajemen kesiswaan di Taman Kanak-kanak meliputi perencanaan penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, pencatatan kehadiran siswa, pengaturan perpindahan siswa, dan program layanan khusus untuk siswa. Maka sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kualifikasi akademisnya. Karena semakin tinggi kualifikasi akademik guru, menjadikan guru semakin memiliki keterlibatan dalam manajemen kesiswaan di sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang adanya Hubungan Kualifikasi Akademik Guru dengan Manajemen Kesiswaan di TK Tadika Puri Kaliwates Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan kualifikasi akademik guru dengan manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kualifikasi akademik guru dengan manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada guru di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Responden penelitian ini adalah semua guru sebanyak 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan rumus tata jenjang (spearman’s rho). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang dengan perhitungan manual diperoleh nilai rhitung sebesar 0,808 sedangkan rtabel sebesar 0,591 dengan taraf signifikan 5% maka rhitung lebih besar dari rtabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, apabila dikonsultasikan pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi rhitung yang berada pada rentang 0,800 sampai 1,000 maka hubungan yang terjadi termasuk ke dalam kriteria hubungan yang kuat. Selanjutnya, berdasarkan penerimaan dan penolakan hipotesis jika dihubungkan dengan besaran rhitung yang diperoleh maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah “ada hubungan yang positif dan signifikansi antara kualifikasi akademik guru dengan manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember”. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualifikasi akademik guru memberikan kontribusi sebesar 65,24% dalam meningkatkan manajemen kesiswaan. Saran yang dapat disampaikan yaitu kepada pendidik hendaknya lebih meningkatkan kualifikasi akademik nya, agar lebih banyak terlibat dalam manajemen kesiswaan. Bagi peneliti lain sebaiknya bahasa dalam pernyataan pernyataan yang ada di dalam angket lebih di spesifikasikan pada inti yang akan tanyakan agar informasi yang di dapat lebih valid.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103955
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LAILATUS SIYAMU FITRI - 150210205023.pdf-.pdf3.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools