Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103935
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SISWATI, Bea Hana | - |
dc.contributor.author | HARIYADI, Slamet Hariyadi | - |
dc.contributor.author | COREBIMA, Aloysius Duran | - |
dc.date.accessioned | 2021-04-07T01:58:35Z | - |
dc.date.available | 2021-04-07T01:58:35Z | - |
dc.date.issued | 2020-11-01 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103935 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Keterampilan abad 21 perlu dibelajarkan kepada peserta didik termasuk juga kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional yang melibatkan 64 mahasiswa semester 2. Data penelitian diambil menggunakan instrumen rubrik keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Data yang didapatkan dianalisis dengan bantuan software aplikasi SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan positif antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001. Besar sumbangan relative keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar sebesar 21,5%. Besar sumbangan efektif keterampilan berpikir kritis 3,5% dan sumbangan efektif keterampilan metakognitif 18% terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Adanya hubungan yang signifikan ini maka disarankan untuk para pendidik khususnya dosen mempertimbangan model RWRS agar diterapkan di pembelajaran agar mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan IPA Lentera Sains | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Metakognitif | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrs | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0001049004 | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0001016804 | - |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_JURNAL_ERFAN_Van Hieles Theory Transforming And Gender Perspective of.pdf | 2.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.