Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103935
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSISWATI, Bea Hana-
dc.contributor.authorHARIYADI, Slamet Hariyadi-
dc.contributor.authorCOREBIMA, Aloysius Duran-
dc.date.accessioned2021-04-07T01:58:35Z-
dc.date.available2021-04-07T01:58:35Z-
dc.date.issued2020-11-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103935-
dc.description.abstractPembelajaran daring bukan suatu alasan untuk para pendidik tidak menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran diterapkan dengan tujuan untuk melatih kemampuan berpikir salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Keterampilan abad 21 perlu dibelajarkan kepada peserta didik termasuk juga kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional yang melibatkan 64 mahasiswa semester 2. Data penelitian diambil menggunakan instrumen rubrik keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif. Data yang didapatkan dianalisis dengan bantuan software aplikasi SPSS 23. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan positif antara keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001. Besar sumbangan relative keterampilan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar sebesar 21,5%. Besar sumbangan efektif keterampilan berpikir kritis 3,5% dan sumbangan efektif keterampilan metakognitif 18% terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Adanya hubungan yang signifikan ini maka disarankan untuk para pendidik khususnya dosen mempertimbangan model RWRS agar diterapkan di pembelajaran agar mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswaen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Pendidikan IPA Lentera Sainsen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectMetakognitifen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titleHubungan Antara Berpikir Kritis Dan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Rwrsen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210103#Pendidikan Biologi-
dc.identifier.nidnNIDN0001049004-
dc.identifier.nidnNIDN0001016804-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_ERFAN_Van Hieles Theory Transforming And Gender Perspective of.pdf2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.