Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103927
Title: Etnomatematika Pada Candi Selogending di Desa Kandangan Sebagai Sumber Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar
Authors: SUGIARTI, Titik
HUTAMA, Fajar Surya
AINURRIZA, Riski
Keywords: Etnomatematika
Candi Selogending
Desa Kandangan
Sumber Belajar
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210204141;
Abstract: Salah satu kebutuhan tambahan di Indonesia yang harus dipenuhi adalah pendidikan. Bagi sebagian orang menganggap pendidikan sangat penting untuk menambah pengetahuan dan siap menghadapi kemajuan teknologi saat ini. Salah satu cara yang dilakukan untuk menghadapi kemajuan teknologi dengan cara menuangkan ide dan pikiran yang kreatif agar dapat memecahkan suatu masalah dengan kritis. Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya generasi muda mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki melalui pendidikan salah satunya mempelajari matematika geometri. Geometri merupakan salah satu materi matematika yang mempelajari hubungan antara titik, garis, sudut, bidang, bangun datar, dan bangun ruang. Proses pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah seringkali terlihat konstan dan cara mengajarnya menggunakan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi bosan, sehingga materi tidak dapat tersampaikan dengan baik, karena tidak ada timbal balik bagi siswa untuk berpikir. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi yang dituangkan dalam pembelajaran matematika yaitu berbasis kebudayaan, karena budaya dan matematika saling berkaitan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada bangunan Candi Selogending berdasarkan konsep geometri sebagai sumber belajar siswa. Tempat yang digunakan sebagai objek penelitian berada di Dusun Selogending, Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi oleh 2 observer dan wawancara dengan 3 narasumber yaitu pemangku adat, tukang bangunan, serta tukang pembuat sketsa bangunan. Beberapa bangunan pada Candi Selogending yaitu Gapura Pintu Masuk, Mbah Tejo Kusumo, Mbah Pukulun, Balai Patrapan, Tempat Pemujaan, Wadung Prabu, Linggasiwa, Mbah Raden Selogending, serta Sanggah. Bangunan Sanggah ini terdiri dari 5 bangunan yaitu Mpu Kutura, Mpu Brada, Mpu Gnijaya, Mpu Semeru dan Mpu Gana. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat diketahui bahwa bentuk bangunan dan ukiran pada Candi Selogending memiliki unsur matematika. Konsep matematika pada Gapura Pintu Masuk antara lain segitiga, persegi panjang, pencerminan, serta balok. Konsep matematika pada bangunan Mbah Tejo Kusumo yaitu persegi panjang dan balok. Bangunan lainnya juga terdapat konsep matematika yaitu balok dan persegi panjang antara lain Mbah Pukulun, Wadung Prabu, Balai Patrapan, Mbah Raden Selogending, dan Tempat Pemujaan. Konsep lainnya yaitu pencerminan terdapat pada ukiran bangunan Linggasiwa serta pada bangunan Sanggah yaitu Mpu Kutura. Bangunan Padma terdapat konsep matematika segitiga, persegi panjang, balok, serta pencerminan pada ukiran bangunan. Hasil penelitian akan dikembangkan menjadi sumber belajar. Diharapkan siswa dapat lebih memahami matematika serta dapat digunakan sebagai tambahan sarana belajar. Sumber belajar berisi gambar Candi Selogending yang memuat materi pokok bahasan bangun datar, bangun ruang serta pencerminan. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya yaitu saat melakukan observasi sebaiknya dilakukan secara teliti dan mendalam agar konsep matematika yang diteliti lebih akurat. Sebaiknya peneiti lebih mengetahui bagian-bagian Candi Selogending serta peneliti lebih inovatif membuat sumber belajar agar lebih menarik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103927
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riski Ainurriza -160210204141-.pdf7.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools