Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103806
Title: | Efisiensi Daya Dorong Kapal Pada Mhd Propulsion Channel Tipe Hall Dengan Tipe Diagonal |
Authors: | HARDIANTO, Triwahju SETIAWAN, Andi NUGROHO, Septian Andi |
Keywords: | Efisiensi Daya Dorong Kapal Propulsion Channel Tipe Hall Tipe Diagonal |
Issue Date: | 2020 |
Series/Report no.: | 161910201087; |
Abstract: | Teknologi terus berkembang pesat seiring bertambahnya kemajuan zaman. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar dibidang industri, transportasi maupun rumah tangga. Banyak peralatan kebutuhan sehari – hari yang menggunakan bahan bakar fosil untuk pengoperasiannya, salah satu contohnya pada bidang transportasi khususnya transportasi laut yaitu kapal. Kapal menggukan bahan bakar solar sebagai penggeraknya, tentu saja suatu saat ketersedian solar akan menipis mengingat jumlah cadangan minyak bumi terus berkurang. Oleh sebab itu perlu adanya suatu inovasi baru berupa energi alternatif pengganti bahan bakar solar. Magnetohidrodinamika (MHD) merupakan salah satu solusi yang ditawarkan sebagai penggerak kapal menggantikan bahan bakar solar. MHD adalah ilmu yang memepelajari tentang gerak dinamis dari pengahantar listrik fluida dengan pengaruh medan magnet disekitarnya. (Agung Prayudi, 2000). Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dua tipe channel yaitu tipe Hall dan tipe Diagonal. Dengan menggunakan kapal prototype berukuran 25cm x 16cm x 6 cm dan channel berukuran 12cm x 2,5cm x 2,5cm serta magnet yang digunakan adlah magnet Neodymium dengan ukuran 12cm x 2cm x 1 cm. Pengujian dilakukan dengan mengubah variasi tegangan 22 V, 23 V dan 24 V. Penggunaan driver mosfet bertujuan untuk mengatur nilai PWM sehingga mampu mengubah nilai tegangan masukan sesuai yang diinginkan. Alat ukur yang digunakan yaitu multimeter digital untuk mengukur nilai arus dan tegangan pada channel kapal. Dari hasil pengujian saat kapal menggunakan channel tipe Hall ketika tegangan masukan diperbesar maka kapal bergerak dengan kecepatan yang lebih besar, begitupun arus dan tegangan yang dihasilkan juga meningkat. Sedangkan saat kapal menggunakan channel tipe Diagonal ketika tegangan masukannya diperbesar maka kecepatannya juga akan bertambah, begitu juga nilai arus dan tegangan yang dihasilkan juga besar. Dengan kata lain nilai tegangan masukan berbanding lurus dengan daya dorong dan kecepatan kapal yang dihasilkan. Dari kedua tipe channel tersebut tipe Hall memiliki kecepatsn yang lebih besar dibandingkan tipe Diagonal dan juga nilai efisiensi tipe Hall lebih baik dibandingkan tipe Diagonal. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103806 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Septian Andi Nugroho-161910201087-.pdf | 2.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools