Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10379
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLILIK NI’AMAH-
dc.date.accessioned2013-12-19T05:59:07Z-
dc.date.available2013-12-19T05:59:07Z-
dc.date.issued2013-12-19-
dc.identifier.nimNIM070920101012-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10379-
dc.description.abstractGaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah merupakan variabel berpengaruh terhadap kinerja guru sebagai variabel dependen. Seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja guru dan secara bersama-sama merupakan rumusan masalah penelitian. Dengan tujuan penelitian mengetahui besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini diharapkan secara akademis memberikan kontribisi dalam studi manajemen pendidikan dan kepemiminan kepala sekolah. Secara pribadi menambah wawasan dan kemampuan pribadi penulis dalam melakukan penelitian kuantitatif. Secara praktis memberikan informasi bagi pihak manajemen sekolah, kepala sekolah dan guru dalam usahanya meningkatkan kinerja sekolah maupun dalam rangka pengembangan kualitas kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah. Tipe penelitian adalah survey dengan SMA Negeri 3 Jember sebagai lokasi penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang berstatus PNS dan mengajar mata pelajaran. Guru PNS sebanyak 36 orang dan selurhnya penulis tetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data primer adalah menggunakan kuesioner dan teknik pengolahan datanya dengan teknik deskriptif dan ekonometrik. Teknik analisis data yaitu menggunakan regresi berganda dan analisis korelasi. Analisis deskriptif menggambarkan, bahwa sebagian besar guru menyatakan bahwa kepala sekolah dalam memimpin menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan sangat professional serta kinerja guru sangat baik atau sangat tinggi. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa bahwa apabila nilai variabel Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) mengalami kenaikan sebesar satu poin, sementara variabel independen lainnya bersifat tetap, maka (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,833 point. Demikian pula apabila nilai variabel Profesionalisme Kepala Sekolah (X2) mengalami kenaikan sebesar satu poin, sementara variabel independen lainnya bersifat tetap, maka (Y) mengalami peningkatan sebesar 1,412 point. Hasil analisis korelasi parsial, variabel bebas yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap Y (kinerja guru) adalah profesionalisme kepala sekolah (X2) yakni sebesar 51,88 persen disbanding gaya kepemimpinan kepala sekolah yang hanya sebesar 36,56 %. Dari keeratan hubungan (korelasi),ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA 3 Jember. Demikian pula ada hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA 3 Jember. Kemudian secara bersama-sama ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah terhadap Kinerja Guru SMA 3 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070920101012;-
dc.subjectGAYA KEPEMIMPINAN DAN PROFESIONALISMEen_US
dc.titlePENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:MT-Science of Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LILIK NI’AMAH - 070920101012_1.pdf59.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.