Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103520
Title: Pengaruh Perceived Ease of Use, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Tokopedia
Authors: Sudaryanto
Afandi, Mochammad Farid
Santona, Erma
Keywords: Perceived Ease of Use
Harga
Promosi
Minat Beli Ulang Konsumen
Issue Date: 11-Dec-2020
Publisher: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2020
Abstract: Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir maka tidak dapat dipungkiri bahwa internet juga tidak kalah berkembang. Internet telah beralih fungsi dari yang dahulu hanya sebatas layanan pencari data atau informasi dan alat komunikasi kini menjadi populer dimanfaatkan sebagai media marketing. Salah satu pemanfaatan teknologi internet yang menggabungkan aspek kegiatan bisnis dan teknologi adalah bisnis online. Global Web Index mencatat Indonesia memiliki tingkat pengguna e-commerce tertinggi di dunia. Laporan yang dirilis We Are Social ini menyebutkan 96% pengguna internet pernah mencari produk atau layanan untuk dibeli secara online. Dari data survey yang dilakukan pada 2020 yang dilakukan oleh Jajak Pendapat, diketahui bahwa 70,5% responden lebih memilih untuk melakukan aktivitas belanja secara online dibandingkan mengunjungi offline store. Tokopedia merupakan marketplace online yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online secara aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use, harga dan promosi terhadap minat beli ulang konsumen di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan, dengan sumber data yang berasal dari penyebaran kuesioner secara online. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan memberikan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived ease of use, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Tokopedia. Dari hasil uji spss variable promosi mempunyai pengaruh paling tinggi terhadap minat beli ulang di tokopedia dengan konstanta 0,530 dan variabel Perceived ease of use mempunyai konstanta sebesar 0,244 dan variabel harga mempunyai konstanta sebesar 0,278. Menurut konsumen aplikasi di Tokopedia sangat mudah digunakan selain itu merchant di Tokopedia memiliki harga yang terjangkau. Dan konsumen merasa iklan yang diberikan Tokopedia sangat menarik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103520
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Erma Santona - 160810201044.pdf1.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools