Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103221
Title: Pengaruh Pemekaran Wilayah Terhadap Pertumbuhan Ekonomian Daerah (Studi Kasus Tujuh Provinsi Hasil Pemekaran Wilayah Di Indonesia)
Authors: SAFITRI, Wida
YUNITASARI, Duwi
KOMARIYAH, Siti
Keywords: Regional Expansions
Tipologi Klassen
Indeks Diversitas Entropi
Issue Date: 3-Jan-2020
Publisher: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Abstract: PDRB provinsi hasil pemekaran wilayah menunjukan kenaikan di setiap tahunnya namun perkembangan perekonomian menunjukan sebaliknya. Pendapatan Daerah di Provinsi hasil pemekaran menunjukan adanya kenaikan di setiap tahunnya, namun hal ini tidak terlepas dari tingginya Dana Perimbangan yang didapat dari pemerintah Pusat. Sejak tahun 1999 sampai tahun 2012, di Indonesia terdapat 8 Provinsi yang di mekarkan dan Provinsi Kalimantan Utara di mekarkan pada 2012 akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pemekaran wilayah terhadap perekonomian di tujuh Provinsi hasil pemekaran di Indonesia dalam kurun waktu 2008 sampai dengan 2017. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder terdiri dari runtut waktu 2008 sampai tahun 2017 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Nasional. Analisis yang digunakan adalah Indeks Diversitas Entropi PDRB,Indeks Diversitas Entropi Pendapatan Daerah, dan Tipologi Klassen. Dari IDE PDRB terdapat 5 Provinsi yang mengalami perkembangan dan 2 yang belum mengalami perkembangan, Hasil nilai IDE Pendapatan Daerah terdapat 1 Dearah dengan kapasitas fiskal yang tinggi dan 6 lainnya belum mengalami perekembangan. Hasil dari tipologi Klassen terdapat 2 provinsi dengan kategori maju dan tumbuh cepat 4 Provinsi sedang berkembang dan 1 Provinsi relatif tertinggal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103221
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FEB_Siti Qomariyah_Jurnal_Pengaruh Pemekaran Wilayah Terhadap Pertumbuhan Ekonomian daerah.pdf580.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.