Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102885
Title: Analisis Butir Soal Matematika Pada Ujian Nasional Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2018/2019 Berdasarkan Taksonomi Bloom
Authors: SUGIARTI, Titik
ALFARISI, Ridho
NURJANNAH, Ainun
Keywords: Matematika
Ujian Nasional Sekolah Dasar
Taksonomi Bloom
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210204131;
Abstract: Ujian Nasional dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran terhadap mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Tes yang baik diketahui harus memiliki ciri-ciri pokok diantaranya, dapat dipercaya (reliable), sah atau valid, objektif, serta praktis. Salah satu teori pembelajaran yang penting sebagai landasan evaluasi adalah taksonomi dari Bloom. Taksonomi Bloom terbagi kedalam dua dimensi, yaitu dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Butir soal UN setidaknya mengandung dua dimensi dalam taksonomi Bloom tersebut. Pada jenjang pendidikan dasar SD/MI, mata pelajaran yang diujikan salah satunya adalah matematika. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) berapakah persentase butir soal berdasarkan dimensi proses kognitif; (2) berapakah persentase butir soal berdasarkan dimensi pengetahuan; dan (3) berapakah persentase butir soal berdasarkan ruang lingkup materi matematika. Penelitian butir soal matematika pada ujian nasional sekolah dasar tahun pelajaran 2018/2019 ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persentase butir soal berdasarkan dimensi proses kognitif; (2) mengetahui persentase butir soal berdasarkan dimensi pengetahuan; dan (3) mengetahui persentase butir soal berdasarkan ruang lingkup materi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang didapat berupa angka yang merupakan persentase hasil analisis butir soal ujian nasional matematika kedalam tiga bagian yaitu persentase dimensi proses kognitif, dimensi pengetahuan, dan ruang lingkup materi. Penelitian ini menggunakan naskah ujian nasional matematika sekolah dasar tahun pelajaran 2018/2019. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar perekam data berupa tabel analisis distribusi soal. Berdasarkan analisis data butir soal diperoleh hasil yaitu; (1) dimensi proses kognitif kategori mengingat (C1) sebanyak 6 soal (17,14%), memahami (C2) sebanyak 13 soal (37,14%), dan mengaplikasikan (C3) sebanyak 16 soal (45,71%); (2) dimensi pengetahuan kategori pengetahuan faktual sebanyak 1 soal (2,85%), pengetahuan konseptual sebanyak 6 soal (17,14%), dan pengetahuan prosedural sebanyak 28 soal (80%); dan (3) ruang lingkup materi matematika pada materi bilangan sebanyak 13 soal (37,14%), geometri dan pengukuran sebanyak 15 soal (42,85%), dan materi pengolahan data sebanyak 7 soal (20%). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa sebagian besar soal menerapkan kategori ketiga yaitu mengaplikasikan (C3) sebanyak 16 soal (45,71%), hal ini menunjukkan bahwa naskah soal UN matematika SD 2018/2019 masih menerapkan kemampuan berpikir tingkat rendah atau Lower Order Thinking Skills (LOTS). Butir soal matematika pada ujian nasional tersebut menekankan pada pengetahuan prosedural. Soal yang menekankan pada pengetahuan prosedural ini juga dapat diketahui dari banyaknya soal yang menerapkan dimensi proses kognitif mengaplikasikan atau C3 yang dalam pemecahan soalnya cenderung menggunakan prosedur. Ruang lingkup materi soal lebih banyak membahas tentang geometri dan pengukuran. Hal ini dikarenakan geometri dan pengukuran memiliki indikator yang lebih banyak dan untuk membentuk peserta didik yang terbiasa mengembangkan daya berpikir logis, analitis, dan sistematis. Agar mencapai hasil belajar yang optimal maka kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) hendaknya mulai diterapkan kepada peserta didik agar peserta didik terbiasa dengan cara berpikir tingkat tinggi untuk menemukan dan mengembangkan ide-ide yang dimiliki. Untuk menunjang hal tersebut, peserta didik perlu diberikan soal yang menerapkan pengetahuan metakognitif agar tidak hanya bertumpu pada prosedur tertentu yang sudah ada.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102885
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ainun Nurjanah 160210204131_.pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools