Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102627
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Berbasis Lesson Study For Learning Community (Lslc) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika
Authors: HOBRI
CAHYA, Antonius
YUNIAR, Devi
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Statistika
Issue Date: 8-Jan-2020
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Statistika merupakan salah satu pokok bahasan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan proses berpikir kreatif siswa. Lembar kerja yang digunakan guru pada kegiatan pembelajaran biasanya hanya berupa latihan soal dan rangkuman materi saja yang tidak mampu merangsang proses berpikir matematis siswa sehingga tidak dapat mengukur tingkat kreativitas, penalaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kegiatan pembelajaran, siswa masih banyak yang merasa kesulitan saat berkolaborasi dalam kelompok dan cenderung mengabaikan temannya. Hal ini disebabkan karena perangkat pembelajaran yang dugunakan oleh guru masih kurang memfasilitasi siswa dalam berpikir kreatif serta berkolaborasi dan perasaan peduli dalam kelompok. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis LSLC pada pokok bahasan Statistika di kelas VII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan menggunakan model Sequential Exploratory Design yaitu metode penelitian kombinasi yang menggabungkan secara berurutan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam hal ini metode penelitian pengembangan menggunakan metode kualitatif dengan model pengembangan Thiagarajan, Semmel & Semmel (4-D) sedangkan metode pada penelitian eksperimen menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A (17 siswa) SMP Islam (SMI) Lumajang tahun pelajaran 2019/2020. Data yang digunakan adalah hasil validasi xi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran, hasil observasi aktivitas siswa, hasil observasi open lesson, hasil angket respon siswa, hasil tes hasil belajar, pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengembangan Siklus II menunjukkan perangkat yang dihasilkan telah dinyatakan valid, praktis dan efektif. Adapun rata-rata validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yaitu RPP, LKS dan THB berturut-turut 3,92; 3,94 dan 3,89. Sedangkan kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,64 dengan kriteria tergolong tinggi dan jika ditinjau dari kegiatan open class menunjukkan bahwa guru peserta open lesson terinspirasi untuk menerapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran yang diampunya. Pada aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan nilai sebesar 3,57 yang tergolong kategori aktif dengan hasil angket respon siswa menunjukkan ratarata jawaban siswa yang merespon positif adalah sebesar 92%. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa sebesar 0% siswa ada pada kategori tidak kreatif, 6% siswa berada pada kategori cukup kreatif dan 94% siswa kreatif. Kesemua aspek relatif mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan data pada Siklus I.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102627
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Devi Yuniar - 180220101017.pdf1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools