Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDAFIK-
dc.contributor.advisorFATAHILLAH, Arif-
dc.contributor.authorISTIQOMAH, Maulida-
dc.date.accessioned2020-12-08T05:45:05Z-
dc.date.available2020-12-08T05:45:05Z-
dc.date.issued2020-02-21-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102421-
dc.description.abstractAnalisis Numerik Model Matematika pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14; Maulida Istiqomah, 160210101043; 2020: 166 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Kecanduan game online merupakan jenis kecanduan mental yang ditandai dengan intensitas yang berlebihan dalam bermain game online sehingga berdampak buruk bagi dirinya. Penggunaan game online berkembang pesat akibat penyebaran melalui interaksi antara satu individu dengan individu lain di suatu lingkungan. Interaksi yang dilakukan dapat berupa interaksi secara langsung maupun melalui pertemanan di sosial media sehingga dapat dibentuk kedalam model matematika. Model matematika yang digunakan yaitu model SEIRS yang merupakan pengembangan model SIR dan SEIR. Model SEIRS membagi individu kedalam 4 kategori yaitu rentan (S), terpapar (E), terinfeksi (I), sembuh namun rentan (R). Hal tersebut sesuai dengan kasus kecanduan game online sehingga, kasus kecanduan Game Online ini dimodelkan kedalam model SEIRS yang merupakan sistem persamaan diferensial biasa (PDB) orde satu non linier yang dikemukakan oleh Kermac Mckendric dan telah ditulis oleh Okosun pada tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode satu langkah yaitu metode Runge-Kutta orde 14 untuk menganalisis sistem persamaan diferensial orde satu non linier model SEIRS kasus kecanduan Game Online. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan kasus kecanduan Game Online kedalam model SEIRS emudian diselesaikan menggunakan metode Runge-kutta orde 14. Sebelumnya dicari sifat metode Runge-Kutta orde 14, formulasi metode Runge-Kutta orde 14, dan konvergensi metode Runge-Kutta orde 14. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode kuesioner. Metode dokumentasi diartikan sebagai teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisa dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, gambar, hasil karya, maupun elektronik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jurnal yang ditulis .en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210101043;-
dc.subjectnumerik model matematikaen_US
dc.subjectkecanduan game onlineen_US
dc.subjectgame onlineen_US
dc.subjectmetode runge-kutta orde 14en_US
dc.titleAnalisis Numerik Model Matematika Pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi2101010-
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Maulida Istiqomah-160210101043.pdf-.pdf1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools