Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102407
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Teknik PETA Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma |
Authors: | SURATNO PUJIASTUTI SEKTI, Devi Ulan |
Keywords: | problem based learning teknik PETA model pembelajaran model pembelajaran problem based learning |
Issue Date: | 29-Apr-2020 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 |
Series/Report no.: | 160210103068; |
Abstract: | Model Pembelajaran Problem Based Leraning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah dan mengangkat masalah dari dunia nyata dan dibawa dalam pembelajaran sesaui materi yang sedang dipelajari. Model pembelajaran ini sesuai dengan kurikulum yang sedang dilaksanakan sekarang ini yaitu kurikulum 2013 revisi. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kelemahan, kelebihan pada model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas berpikir siswa, membiasakan siswa untuk menghadapi suatu permasalahan, meningkatkan semangat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang dapat meningkat pula. Sedangkan kelemahan dari model pembelajaran ini adalah kurang keyakinan siswa dalam menyelesaikan masalah dan enggan dalam menyelesaikannya jika tidak benar-benar menguasai materi pembelajaran ataupun miskonsepsi tentang materi yang dipelajari ketika menyelesaikan permasalah. Hal tersebut telah ditanggulangi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui peta konsep guna meminimalisir miskonsepsi pada siswa ketika menyelesaikan permasalahan dan lebih mudah mengingat pokok bahasan dalam materi yang dipelejari. Terutama miskonsepsi pada materi fungi yang memiliki banyak istilah asing bagi siswa kelas X SMA. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan atau diterapkan sangatlah penting karena dapat berpengaruh besar dalam hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi terlebih dahulu di SMAN Balung Jember, observasi dilakukan melalui perizinan observasi hingga disetujui dan telah diberikan guru pamong yang membimbing selama penelitian berjalan. Kelas X merupakan siswa pemula di SMA yang perlu dibiasakan untuk berpikir kritis dalam pembelajaran dan menghadapi suatu permasalahan dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi semangat belajar dan hasil belajar yang meningkat. Problem Based Learning melalui teknik peta konsep merupakan model pembelajaran yang tepat untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan model pembelajaran pada kelas X ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa, mengingat di kelas X tersebut kemampuan berpikir kritis siswa cenderung dinilai kurang. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pemilihan kelas tersebut dilakukan melalui uji normalitas dan homogenihtas dari ketujuh kelas MIPA menggunakan data nilai ujian biologi semester ganjil. Data telah terbukti berditribusi normal dan homogen maka, kelas dapat dipilih melalui random sampling sehingga terpilih kelas MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Waktu pembelajaran pada materi fungi pada kedua kelas berlangsung selama dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan terdiri dari 3 jam pelajaran. Kelas eksperimen menggunal model Problem Based Learning melalui peta konsep sedangkan pada kelas kontril tidak. Meskipun demikian kedua kelas tersebut memiliki materi yang sama dan melakukan praktikum pada setiap pertemuannya, yang membedakan hanyalah model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tersebut |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102407 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DEVI ULAN SEKTI - 160210103068.pdf-.pdf | 13.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools