Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102377
Title: PENINGKATAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN “HAZORA” DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DAN FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JEMBER
Authors: Musmedi, Drs. Didik PudjoM.S.
Susanto SE., Dr. Arnis Budi M.Si.
Hapsari, ADRIANE
Keywords: KUALITAS PRODUK
MINUM DALAM KEMASAN “HAZORA”
STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC)
FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)
PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) JEMBER
Issue Date: 30-Dec-2019
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract: mineral dalam kemasan (AMDK) pada saat ini mulai banyak diminati konsumen. Banyaknya usaha AMDK yang sejenis pada perkembangan bisnis pada saat ini menuntut perusahaan untuk selalu berkompetisi. Peningkatan kualitas sangat diperlukan agar dapat mengungguli produk yang dihasilkan antar pesaing sehingga dapat memenangkan persaingan bisnis. Kualitas produk merupakan faktor penentu minat konsumen terhadap suatu produk. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang bersifat semi bisnis dan sebagai salah satu perusahaan pemerintah daerah dimana melayani kebutuhan vital masyarakat yaitu air bersih. PDAM adalah perusahaan yang memproduksi, mengolah dan mendistribusikan air yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat (konsumen) PDAM. PDAM memiliki unit usaha yang bergerak di bidang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang bermerk “Hazora”. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berlokasi di Jalan Trunojoyo no. 73, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. PDAM dalam mempertahankan kualitas produknya dengan melakukan perbaikan terus menerus dan berkelanjutan sejalan dengan perkembangan lingkungan dan teknologi. Namun dalam pelaksanaannya masih sering ditemukan produk yang tidak sesuai dengan ketentuan atau cacat. Pengendalian kualitas harus dilakukan oleh PDAM Jember agar sesuai dengan ketentuan dan kecacatan pada produk dapat diminimalisir. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan produk dalam mengendalikan kualitas produk AMDK gelas 220ml. Metode analisis yang digunakan adalah metode Statistical Process Control (SPC) dan Failure Modes and Effect Analysis (FMEA). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini mengambil data secara langsung dari objek melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak perusahaan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa dokumentasi yang dimiliki oleh perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecacatan produk masih sangat tinggi yaitu 3384pcs dalam satu bulan produksi. Kecacatan yang terjadi pada AMDK gelas 220ml disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah manusia, bahan baku, mesin, metode, dan lingkungan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102377
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adriane Hapsari - 160810201001.pdf1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools