Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102228
Title: Etnomatematika Pada Pembuatan Batik di Perusahaan Tatsaka Cluring Banyuwangi Sebagai Lembar Kerja Siswa
Authors: Susanto
Setiawan, Toto’ Bara
FARIDA, Yuli
Keywords: ETNOMATEMATIKA
BATIK
Issue Date: 16-Apr-2020
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran berbasis budaya merupakan suatu metode bagi siswa untuk mentransformasikan hasil observasi ke dalam bentuk dan prinsip yang kreatif tentang bidang ilmu, yakni ilmu matematika. Budaya yang dimaksud adalah batik. Batik Kangkung Setingkes merupakan salah satu batik asli Banyuwangi yang memiliki makna pentingnya mewujudkan keharmonisan dalam hidup bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali etnomatematika pada pembuatan batik tulis Kangkung Setingkes serta membuat Lembar Kerja Siswa yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Tatsaka Cluring Banyuwangi. Penelitian ini difokuskan pada proses pembuatan batik tulis Kangkung Setingkes. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 karyawan Perusahaan Tatsaka. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui adanya konsep aljabar antara lain (menghitung, mengukur, dan membilang) serta konsep geometri antara lain (titik, garis, sudut, kesebangunan, kekongruenan, serta transformasi geometri). Berdasarkan analisis data dari hasil observasi dan wawancara, diperoleh etnomatematika pada proses pembuatan batik Kangkung Setingkes. Etnomatematika yang dimaksud adalah konsep aljabar dan konsep geometri. Konsep aljabar meliputi aktivitas menghitung, mengukur, dan membilang. Aktivitas menghitung muncul saat pembatik menentukan banyaknya motif Kangkung Setingkes pada satu lembar kain, menghitung kebutuhan malam, menghitung perbandingan pewarna, serta menghitung kebutuhan waterglass. Aktivitas mengukur muncul saat pembatik mengukur kebutuhan air pada proses nglorod. Aktivitas membilang muncul ketika pembatik menyebutkan suatu bilangan dan satuan untuk ukuran tertentu. Aktivitas membilang berkaitan dengan satu toples, satu gayung, lima belas menit, dan tiga jam. Satuan yang sering digunakan adalah centimeter (cm), meter (m), liter (l), yard, ons (hg), dan gram (gr). Konsep geometri yang ditemukan antara lain titik, garis, sudut, kesebangunan, kekongruenan, dan transformasi geometri. Titik dan garis, keduanya merupakan isian yang terletak pada bagian kelopak bunga serta daun. Isian diberikan dengan tujuan untuk memenuhi bagian pola yang kosong dan memperindah batik. Konsep sudut muncul pada bagian tulang daun dimana dalam proses membuatnya pembatik mempertemukan dua garis pada satu titik pangkal yang sama. Konsep kesebangunan muncul pada batik bagian pola bunga dan daun. Beragamnya ukuran ornamen pada Batik Kangkung Setingkes dibuat dengan tujuan menambah keserasian antar pola satu dengan pola lainnya. Konsep kekongruenan nampak pada pola yang mengalami translasi. Konsep transformasi geometri antara lain translasi muncul akibat pergeseran antar motif Kangkung Setingkes dan Buah Naga dengan satuan jarak tertentu, rotasi muncul akibat perputaran antar daun dengan salah satu kelopak bunga sebagai sumbu putarnya, refleksi muncul akibat teknik menjiplak dengan posisi kertas terbalik sehingga menghasilkan motif seperti dicerminkan, dan dilatasi muncul pada bagian daun yang menjuntai ke bawah dengan perbesaran tertentu. LKS berisi panduan terstruktur berupa kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian pembelajaran, petunjuk pengerjaan, deskripsi terkait alat dan bahan membatik, deskripsi terkait batik Kangkung Setingkes, ringkasan materi terkait perbandingan, serta ringkasan materi terkait geometri. LKS ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pokok bahasan perbandingan untuk kelas VII dan geometri untuk kelas XI.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102228
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuli Farida-160210101042.pdf4.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools