Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101850
Title: Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BNI Taplus Cabang Jember
Authors: Prasodjo, Adi
Paramita, Cempaka
PAHLEVI, Mochamad Reza
Keywords: RELATIONSHIP MARKETING
LOYALITAS NASABAH
Issue Date: 19-Jan-2020
Publisher: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Abstract: Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Lembaga ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Bank di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Seiring berjalannya waktu, sampai dengan tahun 2018, bank yang beroperasi di Indonesia berjumlah 115 bank yang dapat dibedakan menurut jenisnya. Banyaknya jumlah bank yang beroperasi di Indonesia akan mengakibatkan persaingan antar bank menjadi sangat ketat. Bank dituntut untuk meningkatkan kinerja dan kredibilitasnya agar dapat mendapatkan nasabah baru dan mempertahankan nasabah lama. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan perbankan untuk dapat meningkatkan loyalitas nasabahnya adalah dengan menerapkan relationship marketing. Dalam menerapkan relationship marketing ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik. Penerapan strategi relationship marketing dapat menciptakan hubungan yang baik dengan para nasabahnya, sehingga akan membentuk dan meningkatkan loyalitas nasabah terhadap bank. Hal tersebut juga perlu diperhatika BNI, khususnya BNI Cabang Jember. Melihat banyaknya bank yang beroperasi di Kabupaten Jember sebanyak 30 bank yang dibagi menurut jenisnya, BNI Cabang Jember juga perlu memperhatikan strategi untuk bersaing dengan bank – bank lainnya agar dapat mempertahankan nasabah khususnya nasabah tabungan BNI Taplus. BNI Cabang Jember harus meningkatkan strategi pemasaran relationship marketing sehingga nasabah menjadi loyal dan tidak terpengaruh tawaran dari bank lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik terhadap nasabah tabungan BNI Taplus Cabang Jember. Pengambilan sampel peneltian ini menggunakan purposive sampling dengan beberapa syarat, jumlahnya ditentukan sebanyak 105 sampel. Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross section dengam sumber data yang digunakan adalah data primer. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan BNI Taplus Cabang Jember secara parsial maupun simultan
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101850
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MOCHAMAD REZA PAHLEVI-150810201186.pdf5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools