Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100971
Title: Gambaran Persepsi Pasien Instalasi Rawat Inap Mengenai Brand Equity Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember Tahun 2018 (Description of Inpatient's Perception about Brand Equity of Baladhika Husada Jember Third-Level Hospital in 2018)
Authors: SARI, Dwi Novita
SANDRA, Christyana
UTAMI, Sri
Keywords: Persepsi
Pasien Rawat Inap
Ekuitas Merek
Rumah Sakit
Issue Date: 2-Sep-2018
Publisher: Jurnal IKESMA Volume 14 Nomor 2 September 2018
Abstract: Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban (liabilities) merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan/atau pelanggan perusahaan tersebut. Angka Bed Occupancy Rate (BOR) RS Tk. III Baladhika Husada Jember selama 3 tahun tersebut belum memenuhi standar optimal dan menunjukkan bahwa masyarakat masih kurang memanfaatkan pelayanan rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan persepsi pasien instalasi rawat inap mengenai brand equity Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan, berada pada kelompok usia >45 tahun, bertempat tinggal di Jember, pendidikan terakhir tamat SD/Sederajat, pekerjaan Ibu Rumah Tangga (IRT), penghasilan keluarga berkisar antara Rp 1,1 Juta – Rp 2 Juta dan cara pembayaran pengobatan menggunakan asuransi BPJS Kesehatan. Variabel kesadaran merek sudah cukup baik karena mayoritas responden menjadikan RS Tk. III Baladhika Husada Jember sebagai puncak pikiran. Berdasarkan asosiasi merek melalui atribut produk, atribut tak berwujud, manfaat bagi pengguna, harga relatif, dan penggunaan/aplikasi sudah dalam kategori baik. Berdasarkan persepsi kualitas melalui kinerja, pelayanan, keandalan, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi dan hasil sudah dalam kategori baik. Berdasarkan loyalitas merek didominasi oleh satisfied buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100971
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.