Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100945
Title: Penerapan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak pada Anak Kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember
Authors: BUDYAWATI, Luh Putu Indah
Keywords: Media Pembelajaran
MOTIF (Monopoli Edukatif)
Kecerdasan Jamak Anak
Issue Date: 1-Sep-2020
Publisher: Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, Volume 14 Nomor 2 (2020)
Abstract: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember dengan menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) dan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap penerapan media MOTIF. Penggunaan media pembelajaran berupa media MOTIF (monooli edukatif) yang ditujukan untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak kelompok B. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitiannya yaitu media MOTIF (monopoli edukatif), kecerdasan jamak anak, dan respon guru terhadap pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan media MOTIF (monopoli edukatif) dapat meningkatkan kecerdasan jamak anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Adanya peningkatan kecerdasan jamak anak dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%. (2) Respon guru kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember terhadap pembelajaran menggunakan media MOTIF (monopoli edukatif) sangat positif. Anak kelompok B menyatakan senang mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100945
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Luh Putu Indah B_PENERAPAN MEDIA MOTIF.pdf255.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.