Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10091
Title: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN EFEKTIVITAS LAYANAN MUSYARAKAH PADA BEBERAPA BANK YANG MENERAPKAN SISTEM SYARIAH DI INDONESIA
Authors: SUCI NANDA FIRMANIYAH
Keywords: STRATEGI PEMASARAN
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 040810291133;
Abstract: Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa bank yang menerapkan sistem syariah di Indonesia dan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan. Tujuan penelitian adalah, untuk menentukan strategi yang sesuai untuk perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan memanfaatkan informasi dari internet dan buku yang telah banyak membahas tentang perbankan syariah di Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat analisis SWOT maka faktor intern dan ekstern sangatlah diperlukan untuk menentukan strategi yang dapat digunakan. Sedangkan dengan analisis BCG maka harus mengetahui beberapa faktor yaitu tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dan market share. Segala faktor tersebut akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang diinginkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan strategi berdasarkan analisis SWOT maka strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh bank yang menerapkan sistem syariah di Indonesia adalah: 1. Mempertahankan segmen pasar 2. Menciptakan layanan jasa yang bisa menarik banyak minat masyarakat 3. Meningkatkan promosi 4. Memberikan layanan yang lebih baik 5. Meningkatkan kondisi keuangan Selain itu, perbankan syariah di Indonesia juga bisa menggunakan strategi dengan “Transformasi” yaitu: 1. Dari Produk Syariah ke Corporate Syariah. 2. Dari Sentimen Emosional ke Rasional Profesional. 3. Dari Pelanggan Muslim ke Pelanggan Umum. 4. Dari Pengusaha Besar kepada Orientasi yang lebih Adil 5. Dari Motif Investasi ke Akumulasi Modal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10091
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12_01.pdf10.24 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools