Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100698
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MAGFIROH, Dwi Nur Meilani | - |
dc.contributor.author | KHUTOBAH, Khutobah | - |
dc.contributor.author | BUDYAWATI, Luh Putu Indah | - |
dc.date.accessioned | 2020-08-27T04:52:28Z | - |
dc.date.available | 2020-08-27T04:52:28Z | - |
dc.date.issued | 2020-05-01 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100698 | - |
dc.description.abstract | Penelitian pengembangan ini dilakukan di TK Kartika IX-35 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019-2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam pembelajaran berbasis multiple intelligence pada anak kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, dan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan tipe Borg and Gall, karena tipe ini digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Tahapan penelitian terdiri dari tahap mengidentifikasi masalah, tahap pengumpulan data, tahap mendesain produk, tahap validasi desain produk, tahap revisi desain produk, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, dan tahap uji coba pemakaian. Uji pengembangan media MOTIF (Monopoli Edukatif) terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan media pembelajaran MOTIF (Monopoli Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator praktisi. Pembelajaran dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai di atas rata-rata, respon guru yang positif ketika mengajar menggunakan media monopoli edukatif, dan anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 11. No.1 Mei 2020 | Hal 65-74 | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | MOTIF (Monopoli Edukatif) | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Jamak | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Anak TK Kelompok B | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0210204#Pendidikan Guru Sekolah Dasar | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0003105608 | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0011128703 | - |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. KIP_Jurnal_Khutobah_PENGEMBANGAN MEDIA MOTIF.pdf | 583.85 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.