Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100089
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuharto-
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin-
dc.contributor.authorMIMBADRI, Yuris-
dc.date.accessioned2020-07-27T13:14:23Z-
dc.date.available2020-07-27T13:14:23Z-
dc.date.issued2019-07-18-
dc.identifier.nimNIM 150210101112-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100089-
dc.description.abstractBagaimanapun proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari keberadaan dan penggunaan teknologi. Pada saat ini perkembangan teknologi memasuki revolusi industri keempat yang lebih dikenal dengan revolusi industri 4.0. revolusi ini dimulai dengan revolusi internet pada tahun 90-an yang ditandai dengan munculnya internet of thing dimana segala sesuatu berbasis digital. Pada revolusi ini, segala sesuatu menjadi tanpa batas dengan daya komputasi serta data yang tidak terbatas. Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi dengan ditandai pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran modern. Hal ini menuntut kemampuan, pengetahuan, dan kearifan pendidik untuk memilih dan memilah informasi yang benar-benar bermanfaat bagi kepentingan proses pembelajaran. Berdasarkan pemaparan di atas, maka perlu dilakukan penelitian pengembangan media interaktif online. Penelitian yang dilakukan yaitu berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif online Menggunakan ClassFlow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah”. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan atau model 4-D yang telah dimodifikasi. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Kegiatan pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi media pembelajaran yang terdiri dari aspek isi (materi dan soal), kebahasaan, dan format termasuk pada kriteria valid dengan nilai koefisien korelasi pengembangan media pembelajaran sebesar 0,91 termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Setelah media pembelajaran sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Jember. Pertemuan pertama pada hari Jumat, 23 Mei 2019, dengan aktivitas pengenalan media pembelajaran interaktif online menggunakan ClassFlow berbantuan software GeoGebra pada materi integral luas daerah dan pembuatan akun pesera didik. Pada saat pembuatan akun tidak ada kendala karena mayoritas peserta didik telah memiliki alamat G-mail sehingga proses untuk masuk kelas tidak ada hambatan. Kendala dalam pertemuan pertama yaitu jadwal penggunaan LAB. Komputer yang berbarengan dengan jadwal mengajar guru, sehingga pembuatan pertemuan pertama dilaksanakan di ruang kelas dan menggunakan laptop pribadi. Pada pertemuan ini peserta didik diberi materi awal untuk sedikit mengingat materi integral yang telah diajarkan sebelumnya oleh guru, kemudian peserta didik mulai membuka dan mengoperasikan materi berbantuan GeoGebra online yang telah ditautkan ke dalam grup kelas online. Selama pembelajaran berlangsung peserta didik tampak antusias, mengikuti arahan dalam menggunakan media. Pertemuan kedua hari Selasa, 28 Mei 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu mengerjakan latihan soal-soal pada media GeoGebra. Setelah proses pembelajaran berakhir, dilanjutkan dengan tes hasil belajar, dimana tes dilaksanakan secara online melalui ClassFlow. Terdapat 10 soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam waktu selama 60 menit. Kemudian peserta didik diberi angket untuk mengisi respon pengguna Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap media pembelajaran yaitu 92,64% termasuk kategori “Sangat Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebesar 80,65% atau 25 dari 31 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif online menggunakan ClassFlow berbantuan software GeoGebra pada materi integral luas daerah telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMatematika Interaktif Onlineen_US
dc.subjectClassFlowen_US
dc.subjectSoftware Geogebraen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Menggunakan ClassFlow Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Integral Luas Daerahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika-
dc.identifier.kodeprodi0210101-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuris Mimbadri - 150210101112.pdf5.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools