Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/100000
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDAFIK-
dc.contributor.advisorSLAMIN-
dc.contributor.authorDINI, Rimbi Puspita-
dc.date.accessioned2020-07-24T05:46:01Z-
dc.date.available2020-07-24T05:46:01Z-
dc.date.issued2019-01-29-
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM 17022010102-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100000-
dc.description.abstractPendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif dan supaya memiliki pengendalian diri, kecerdasan, keterampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian serta akhlak mulia. Pendidikan tidak lepar dari peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik berbeda dengan cara tradisional yaitu yang berpusat pada pendidik, dalam artian keduanya mempunyai pendekatan yang berbeda dalam isi, intruksi, lingkungan kelas, penilaian, dan teknologi. Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan berpikir generalisasi mahasiswa dalam menyelesaikan kajian local super super h-decomposition antimagic total coloring dan penerapan research based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir generalisasinya, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil yang dari penerapan research based learning. Pada konsep local super super h-decomposition antimagic total coloring mahasiswa diharapkan mampu mengerti seperti apa graf H-decomposistion, menentukan pelabelan disetiap titik dan sisi graf sesuai dengan aturan Hdecomposistion serta menentukan bilangan kromatik dari suatu graf dan memberi kesimpulan. Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran untuk pre test mencapai 94%, untuk untuk validasi RPP mencapai 94%, untuk validasi LKM mencapai 88%, untuk post test mencapai 94%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat yang digunakan sudah memebuhi kriteria valid. Hasil uji coba perangkat menunjukkan respon mahasiswa sangat baik yaitu dengan persentase aktifitas mahasiswa pada pertemuan pertemuan pertama dan ke dua yaitu 96% dan 97%. Maka berdasarkan kriteria keaktifan, skor rata yang mencapai 97% sudah memenuhi kriteria sangat aktif. Hasil yang diperoleh dari post test untuk kedua kelas dikategorikan berdasarkan 4 kriteria yaitu sangat baik dengan nilai 81-100, baik dengan nilai 66-80, cukup baik dengan 56-65 dan kurang baik dengan nilai 30-55. Pada kelas kontrol diperoleh yaitu 7% pada subjek penelitian yang masuk dalam level sangat baik yaitu sebanyak 3 mahasiswa, 29% pada subjek penelitian yang masuk dalam level baik yaitu sebanyak 12 mahasiswa, 52% untuk level cukup baik yaitu 22 mahasiswa, dan 12% untuk yang kurang baik sebanyak 5 mahasiswa. Sedangkan hasil post test kelas eksperimen mencapai skor tertinggi adalah 43% pada subjek penelitian yang masuk dalam level sangat baik yaitu sebanyak 19 mahasiswa, 41% pada subjek penelitian yang masuk dalam level baik yaitu sebanyak 18 mahasiswa, 16% untuk level cukup baik yaitu sebanyak 7 mahasisw, dan 0% untuk level yang kurang baik. Kesimpulan yang didapat menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran research based learning sangat membantu mengembangkan kemampuan dari berpikir generalisasi pada materi local super H-decomposition antimagic total coloring. Hasil t-tset juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan research based learning lebih unggul dari pada pembelajaran biasa. Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran research based learning terhadap keterampilan berpikir generalisasi mahasiswa dalam menyelesaikan local super H-decomposition antimagic total coloring dengn hasil uji regresi model pembelajaran untuk kelas eksperimen 0.000 < 0.05, yang artinya signifikan. Sehingga terdapat perbedaan nilai yang antara kedua kelas setelah diterapkan pembelajaran RBL. Selain mendapatkan hasil analisis dari berpikir generalisasi diperoleh juga monograf yang diditemukan oleh peneliti ada 4 graf dengan 4 teorema beserta pembuktiannya. Ke empat graf tersebut adalah graf path, cycle, prism graph, friendship graph. Dalam monograf tersebut akan menjadi buku referensi graf apa saja yang sesuai dengan local super H-decomposition antimagic total coloring.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Generalisasien_US
dc.subjectLocal Super H-Decomposition Antimagic Total Coloringen_US
dc.subjectResearch Based Learningen_US
dc.titleAnalisis keterampilan berpikir generalisasi dalam menyelesaikan kajian local super H-decomposition antimagic total coloring dan penerapan research based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir generalisasinyaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA-
dc.identifier.kodeprodi022010-
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rimbi Puspita Dini-170220101022.pdf1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.