dc.description.abstract | Antrean merupakan barisan orang atau barang yang menunggu untuk
mendapatkan pelayanan. Antrean bisa menjadi suatu masalah apabila barisan
orang atau barang menjadi terlalu panjang. Penyebab munculnya antrean
dikarenakan tingkat pelayanan fasilitas tidak seimbang dengan tingkat kedatangan
pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan analisis antrean
dengan menggunakan teori antrean. Untuk menyelesaikan masalah antrean di
Kasir Supermarket Karunia Damai Sejati (KDS) Department Store Genteng
Banyuwangi, manajemen supermarket dapat melakukan analisis antrean
menggunakan teori antrean agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada
pelanggan.
Pada penelitian ini, analisis antrean dilakukan dengan menggunakan teori
antrean model B atau model analisis jalur berganda (M/M/S). Proses perhitungan
dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan pernagkat lunak Microsoft
Excel dan Quantitative for Windows dengan modul Waiting Lines. Berdasarkan
hasil penelitian, diketahui bahwa kinerja Kasir Supermarket Karunia Damai Sejati
(KDS) Department Store Genteng Banyuwangi belum optimal karena pada kasir
umum masih terdapat fasilitas yang menganggur dan pada kasir keranjang tingkat
optimal pelayanan belum dapat dicapai. | en_US |