• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penyiapan Subgrade Landasan Pacu Bandar Udara Notohadinegoro Jember Untuk Mendukung Pesawat Udara Berjenis Boeing B 737-800/900

    Thumbnail
    View/Open
    Greeman Caesarulah Erba Putra Empat-151910301124 Sdh.pdf (3.869Mb)
    Date
    2019-07-17
    Author
    Empat, Greeman Caesarulah Erba Putra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bandar Udara Notohadinegoro yang terletak di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember ini akan mengadakan suatu pengembangan bandar udara. Pengembangan ini bertujuan untuk memperluas sarana bandar udara dan meningkatkan pelayanannya. Berdasarkan RPJMD Kabupaten Jember tahun 2016-2021 dilakukan peningkatan status kelas Bandar Udara Notohadinegoro sebagai Bandar Udara Embarkasi Haji dan akhirnya meningkatkannya menjadi bandar udara komersial. Kondisi eksisting saat ini bandar udara Notohadinegoro Jember digunakan hanya untuk mendaratnya pesawat kecil berjenis ATR 72- 500/600 dengan panjang landasan pacu sebesar 1645 x 30 m² maka perlu adanya penangan bandar udara terutama dibagian landasan pacu (runway). Bedanya penangan runway bandar udara dengan jalan pada umumnya maka memerlukan suatu metode tersendiri yang khusus hanya untuk bandar udara saja yaitu metode FAA (Federal Aviation Administration). Perhitungan selanjutnya menggunakan program bantu software FAARFIELD. Analisis struktur perkerasan landasan pacu (runway) Bandar Udara Notohadinegoro menggunakan ketentuan ICAO 14 (International Civil Aviation Organization) dan Keputusan Menteri No. 47 tahun 2002 tentang Sertifikasi Operasi Penerbangan yang direncanakan bisa melayani pesawat terbesar yaitu berjenis Boeing B 737-800/900. Data yang digunakan pada penelitian kali ini merupakan data sekunder, berupa peta atau gambar lokasi yang menjelaskan tentang situasi dari lokasi penelitian dan nilai CBR pada tanah dasarnya (subgrade) adalah sebesar 6% sesuai dengan laporan PCN Strenght Runway yang telah di declare oleh Kementrian Perhubungan, nilai PCN runway pada kondisi eksisting saat ini adalah 37. Pengolahan data untuk mengetahui kekuatan subgrade menggunakan program bantu FAARFIELD. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kondisi ix x tanah dasar (subgrade) dari Bandar Udara Notohadinegoro itu sendiri dapat dikategorikan sebagai baik, dan tidak diperlukan untuk perombakan secara total dalam area landasan pacu pesawat itu sendiri. Tebal struktur perkerasan lama pada luasan landasan pacu (runway) eksisting 1645 x 30 m² hanya perlu dilakukan pelapisan ulang (overlay) sesuai dengan desain untuk kapasitas pesawat Boeing B 737-800/900. Hasil analisis perhitungan antara ketebalan eksisting dan ketebalan rencana untuk jenis pesawat Boeing B 737-800/900 yaitu sebesar 27 mm.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98385
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4266]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository