• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Hubungan antara Kecepatan dengan Kecelakaan di Ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Anita Dewi Pebrianti - 161910301068.pdf (2.602Mb)
    Date
    2020-01-08
    Author
    Pebrianti, Anita Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Kecelakan dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu berkendara dengan kecepatan yang tinggi, melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara, melawan arus, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan mengetahui hubungan antara kecepatan dan kecelakaan. Variabel kecelakaan yang digunakan adalah jumlah kecelakaan dan tingkat kecelakaan, sedangkan variabel kecepatan yang digunakan adalah kecepatan 85 persentil dan kecepatan rata-rata. Penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember yang dijabarkan berdasarkan weekday dan weekend, serta dijabarkan lagi berdasarkan arah ke kota dan ke luar kota. Karakteristik kecelakaan yang terjadi di Jalan Hayam Wuruk pada tahun 2014 hingga tahun 2018 berdasarkan tingkat keparahan korban paling banyak mengalami luka ringan sebesar 86,47%. Pada tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu tabrakan saat menyalip dari kanan sebesar 13,56%. Pada keterlibatan pengguna jalan terjadi pada sepeda motor sebesar 73,31%. Kecelakaan paling banyak terjadi saat malam hari yaitu 22,03%. Berdasarkan penyebab terjadi kecelakaan paling banyak disebabkan oleh pengendara yang ceroboh dengan persentase tertinggi yaitu 54,71%. Pada hubungan antara kecepatan dengan kecelakaan digunakan uji korelasi dan uji regresi. Pada uji korelasi dilakukan untuk mengetahui nilai hubungan antara variabel kecepatan dan variabel kecelakaan. Hubungan variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan memiliki hubungan yang sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,80 ≤ r ≤ 1,00. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki hubungan yang kuat dan sempurna dengan nilai korelasi berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00. Pada keempat variabel memiliki model persamaan Pada uji regresi, dilakukan pemodelan persamaan regresi dengan pemilihan nilai R2 terbesar yang mendeketi lapangan. Pada penelitian ini data berbentuk nonlinear, sehingga persamaan regresinya dapat berbentuk empat model persamaan, yaitu eksponensial, logaritma, polinomial, dan power. Model persamaan terbaik pada variabel kecepatan dengan jumlah kecelakaan adalah persamaan eksponensial dan polinomial. Pada variabel kecepatan dengan tingkat kecelakaan memiliki model persamaan terbaiknya power dan polinomial. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan berada pada interval 0,60 ≤ r ≤ 1,00.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98362
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4293]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository