• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan KAI Access untuk PembeIian Tiket Online Kereta API

    Thumbnail
    View/Open
    DINDA WIDAYANTI MOCHTAR-150810301149.pdf (2.803Mb)
    Date
    2019-01-17
    Author
    MOCHTAR, DINDA WIDAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang transportasi perkeretaapian khususnya wilayah Jawa dan Sumatera. Saat ini, PT. KAI telah memberikan bentuk pelayanan dalam bentuk pembelian tiket offline maupun online. Kendala yang terjadi saat pembelian tiket offline adalah mengantri di loket, hal tersebut dianggap membuang waktu. PT. KAI terus melakukan pengembangan sistem demi kenyamanan pelanggan pada saat melakukan pembelian tiket. Sejak pertengahan 2013 PT. KAI telah meluncurkan pembelian tiket berbasis via aplikasi online yaitu KAI Access. Diharapkan dengan diluncurkannya KAI Access akan mempermudah pelanggan PT. KAI untuk mengakses pembelian tiket secara online. Semua data pelanggan PT. KAI yang sedang melakukan pembelian tiket melalui pengaplikasian via KAI Access akan langsung tersimpan pada database PT. KAI. Bentuk pelayanan yang diberikan dengan tujuan untuk peningkatan efektivitas dan efisiensi pelanggan, namun kenyataannya sampai saat ini pelanggan PT. KAI lebih dominan memilih pembelian tiket secara offline daripada online. Peneliti melakukan pengujian penelitian pada PT. KAI sebagai objek penelitian dan penentuan populasinya adalah pelanggan PT. KAI khususnya sebagai pengguna KAI Access. Model yang digunakan sebagai tingkat pengujian penerimaan pengguna terhadap suatu sistem teknologi yaitu pengujian Technological Acceptance Model (TAM). Pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yakni secara convenience sampling dengan pengisian kuesioner melalui Goggle Form dengan jumlah keseluruhan sampel yang didapat ada 284 sampel dad 137 sampel layak diterima sebagai pengujian penelitian selanjutnya. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) AMOS Versi 23 dan SPSS Versi 22. Hasil penelitiannya adalah persepsi kegunaan pengguna dan persepsi kemudahan pengguna tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pengaplikasian, sedangkan keamanan memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap pengaplikasian, dan sikap pengaplikasian berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan serta minat penggunaan berpengaruh signifikan terhadap pengguna nyata.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97995
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12396]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository