• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Berdasarkan Prospektif Pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Arief Fujianto-152410101029-CHNS-U.pdf (2.365Mb)
    Date
    2019-11-13
    Author
    FUJIANTO, Arief
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan layanan TI pada sebuah instansi atau perusahaan menjadi sebuah kebutuhan dengan alasan TI merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari suatu proses bisnis instansi atau perusahaan. Dalam penerapan layanan TI, organisasi harus memikirkan kepuasan pengguna akhir. Kepuasan pengguna akhir perlu diukur untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pengguna terhadap pemakaian layanan TI yang diberikan. Dengan pengukuran tersebut maka organisasi dapat menggunakan sebagai tolak ukur kualitas pelayanannya sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan yang diinginkan. Kepuasan pengguna dapat diukur menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction), Dalam model EUCS memiliki 5 variabel content (konten), accuracy (keakuratan), format (bentuk), ease of use (kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu) dengan 12 instrumen. Pada model tersebut diimplementasikan terhadap analisis kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN mobile menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) berdasarkan prospektif pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Aplikasi PLN Mobile merupakan sistem yang bertujuan membantu pelanggan untuk lebih mudah mengakses layanan seperti mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, penambahan daya, wadah aduan masyarakat maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan listrik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Model EUCS dengan 5 variabel ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi PT. PLN (Persero). Berdasarkan analisis data yang dihasilkan, diperoleh hasil variabel content berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel accuracy berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel format berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction, variabel timeliness berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel user satisfaction sedangkan variabel ease of use berpengaruh positif tetapi tidak signfikan terhadap variabel user satisfaction. diharapkan faktor-faktor yang berpengaruh positf dan signifikan tetap dijaga atau ditingkatkan sehingga tidak ada penurunan kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN Mobile Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi PT. PLN (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kepuasan pengguna akhir aplikasi PLN Mobile pada pelanggan PT.PLN (Persero) UP3 Jember. Metode analitik yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User Computing Satisfaction (EUCS).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97518
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1025]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository