Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Citra Tokopedia Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Jual Beli Online Tokopedia
Abstract
Internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang selain kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Salah satu fungsi internet yang banyak digunakan masyarakat saat ini adalah jual beli dengan cara online, salah satu situs jual beli online paling popular di Indonesia adalah Tokopedia yang menjadi salah satu marketplace atau toko online terbesar di Indonesia. Beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi keputusan untuk melakukan pembelian secara online adalah faktor kemudahan, keamanan dan citra, dimana hal ini merupakan dasar apakah seseorang memutuskan untuk melakukan pembelian melihat dari faktor-faktor tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna Tokopedia yang dipilih sebanyak 112 responden dengan syarat pernah melakukan pembelian. Tehnik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling dengan cara membagikan kuesioner kepada responden secara online melalui Google Docs yang disebarkan melalui media social Facebook, Twitter, dan Instagram. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya variabel Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Keamanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Citra Tokopedia berpengaruh secara terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia.