Usability Evaluation Pada Web Perpustakaan Universitas Jember Menggunakan Cognitive Walkthrough
Abstract
Pengujian usability diukur dengan menggunakan 4 skenario tugas yang
harus diselesaikan oleh 20 responden. Responden pada penelitian ini terdiri
laki-laki 50%, perempuan 50%, status mahasiswa 90%, dosen dan karyawan
masing-masing 5%, berusia 17-25 tahun 90%, dan 26-35 tahun 10%.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa hanya ada 2 skenario tugas yaitu
mencari judul buku (skenario tugas 2) dan mencari artikel (skenario tugas 3)
yang berhasil diselesaikan oleh seluruh responden dengan benar. Skenario
tugas 1 yaitu mencari judul skripsi merupakan skenario tugas yang paling
rendah tingkat penyelesaiannya sebesar 75%, dan memiliki tingkat
kesalahan tertinggi yaitu sebesar 58 kesalahan. Berdasarkan hasil analisis uji
usability menemukan hal-hal yang menyebabkan rendahnya usabilitas
antarmuka situs web perpustakaan UNEJ yaitu penggunaan istilah yang
mirip, penggunaan font yang kecil dan tidak sesuai sehingga perubahan
warna pada fitur yang tidak jelas terlihat, serta kurangnya deskripsi pada
setiap ikon dan menu. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa persepsi pengguna berbeda dengan persepsi sistem.
Rekomendasi perbaikan antarmuka situs web perpustakaan UNEJ
berdasarkan hasil analisis yaitu penggunaan font yang jelas pada fitur
"Advance Search”, penambahan deskripsi dan tooltips pada setiap menu,
serta memberikan judul header yang sesuai.