dc.description.abstract | Pengelolaan dan pelestarian setiap potensi wisata untuk menjadi objek wisata
yang berkualitas serta didukung adanya informasi mengenai objek wisata akan
memunculkan daya tarik wisata tersendiri bagi wisatawan. Berkembangnya industri
pariwisata di Indonesia mempengaruhi perubahan sosial dan ekonomi masyarakat,
Perkembangan ini juga mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam bidang
industri pariwisata, sehingga pihak manajemen pengelola suatu objek wisata perlu
memberikan experience yang menarik agar wisatawan bersedia melakukan kunjungan
kembali. Pelanggan saat ini tidak hanya membutuhkan pelayanan atau produk berkualitas
tinggi, melainkan juga experience atau pengalaman positif, yang secara emosional sangat
menyentuh dan memorable. Secara umum, customer experience merupakan salah satu
strategi yang diciptakan oleh konsumen yang dapat berdampak jangka panjang terhadap
keputusan berkunjung selanjutnya.Salah satu tempat wisata yang mampu memberikan
experience terhadap wisatawan yaitu pantai plengkung. Wisatawan akan mendapatkan
experience yang berkesan di setelah berkunjung ke pantai Plengkung Banyuwangi karena
pantai Plengkung menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan mancanegara
yang menyukai hobi selancar atau surfing. Ombak yang sangat besar dan menggulunggulung menjadi favorit para olahragawan surfing.Bahkan pantai ini dikatakan memiliki
ombak terbaik se-Asia Tenggara untuk kegiatan surfing dan merupakan pantai dengan
ombak terbaik di dunia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience terhadap
word of mouth melalui kepuasan konsumen pada wisatawan pantai Plengkung
Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
kepada 100 responden yang merupakan wisatawan pantai plengkung Banyuwangi yang
memenuhi kriteria antara lain pernah berkunjung ke pantai Plengkung minimal 2 kali,
berusia minimal 17 tahun dan pernah melakukan word of mouth mengenai pantai
plengkung kepada orang lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder.Data primer dalam penelitian ini berupa data yang diperoleh
langsung dari responden yang melalui penyebaran kuisioner selama penelitian
berlangsung pada wisatawan Pantai Plengkung Banyuwangi.Sedangkan data sekunder
berupa jumlah wisatawan di Kabupaten Banyuwangi yang diperoleh dari website
Kabupaten Banyuwangi dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.Metode analisis
data yang digunakan yaitu analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer experience berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen, customer experience berpengaruh terhadap word of mouth, dan
kepuasan berpengaruh terhadap word of mouth pada wisatawan pantai Plengkung
Banyuwangi. | en_US |