Show simple item record

dc.contributor.advisorKARTIKA
dc.contributor.advisorHISAMMUDIN, Nur
dc.contributor.authorMAGHFIROH, Eka Larasati
dc.date.accessioned2019-11-26T06:28:15Z
dc.date.available2019-11-26T06:28:15Z
dc.identifier.nimNIM150810301086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/96078
dc.description.abstractPerkembangan bisnis modern saat ini mengalami mobilitas yang cukup tinggi dengan ditunjangnya sistem modern ataupun teknologi informasi yang membuat setiap perusahaan memiliki kesempatan untuk berada pada titik puncak. Disamping itu, pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah juga memberikan angin segar bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan ataupun memperluas usahanya demi mencapai profit yang optimal. Realisasi dari pengembangan ataupun perluasan usaha perusahaan diperlukan adanya tambahan modal disetor. Sumber eksternal merupakan sumber utama dari penambahan modal perusahaan karena diantaranya berasal dari penanaman modal melalui pasar modal yang dilakukan oleh investor dan peminjaman dana yang diperoleh dari perbankan. Perusahaan yang menginginkan mendapatkan penambahan modal disetor yang terutama bersumber dari sumber eksternal harus dapat menarik pihak eksternal dengan cara membuat citra atau reputasi perusahaan yang baik, baik dari sudut pandang pihak-pihak yang berkepentingan hingga khalayak umum dalam bentuk pertanggungjawaban perusahaan atas segala aktivitas bisnis yang telah dilakukan. Perwujudan pertanggungjawaban sosial dan lingkungan yang harus dilakukan perusahaan disebut dengan Corporate Social Responsibility. Pengembangan dari adanya Corporate Social Responsibility yaitu dengan adanya bentuk pertanggungjawaban sosial dan lingkungan berbasis syariah yang disebut dengan Islamic Social Reporting dimana meliputi harapan masyarakat bahwa peran perusahaan harus mampu aktif pada perspektif ekonomi maupun perspektif spiritual, dan juga penerapan Islamic Social Reporting diharapkan mampu menekankan rasa keadilan sosial yang akan dirasakan baik bagi lingkungan, hak minoritas hingga karyawan perusahaan. Selain itu, adanya Islamic Social Reportiong akan meyakinkan stakeholder bahwa perusahaan akan bebas dari manipulasi laporan tahunan khususnya laporan keuangan karena bentuk pertanggungjawaban sosial dan lingkungan berbasis syariah yang telah dilakukan oleh perusahaan juga merupakan pertanggungjawaban perusahaan dengan masyarakat dan Allah. Perusahaan yang mengungkapkan Islamic Social Reporting dapat dikatakan memberikan umpan kepada stakeholder khususnya investor untuk menanamkan modalnya pada saham perusahaan tersebut. Indikator-indikator Islamic Social Reporting yang mampu dipenuhi oleh perusahaan mengindikasikan bahwa perusahaan layak untuk dijadikan sebagai sarana investasi para investor. Semakin banyak investor berinvestasi pada perusahaan tersebut, maka harga saham perusahaan akan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga akan berdampak pula pada nilai perusahaan. Selain itu, nilai perusahaan dapat menggambarkan profit yang akan diterima oleh investor. Apabila profit yang diterima oleh investor terus meningkat maka mengindikasikan harga saham perusahaan tersebut grow up dan akan memberikan asumsi pengolahan kinerja keuangan yang baik sehingga akan menarik para investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Bentuk pertanggungjawaban sosial dan lingkungan berbasis syariah bertujuan untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan, namun pada kenyataannya yang diungkapkan dari penelitian ini membuktikan bahwa Islamic Social Reporting tidak mampu mempengaruhi nilai perusahaan karena kecenderungan para investor dalam memutuskan menjual atau membeli saham perusahaan secara harian dengan memperhatikan isu-isu dan grafik saham perusahaan yang bergerak setiap harinya. Penilaian perusahaan tidak hanya berasal dari bentuk pertanggungjawaban sosial dan lingkungan yang telah dilakukan dan diungkapkan perusahaan tetapi juga berasal dari kinerja keuangan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa kinerja keuangan mampu mempengaruhi nilai perusahaan dikarenakan kinerja keuangan dapat memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan yang mana digunakan investor untuk memutuskan berinvestasi atau tidak pada perusahaan tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150810301086;
dc.subjectIslamicen_US
dc.subjectSocial Reportingen_US
dc.subjectJakarta Islamic Indexen_US
dc.subjectKinerja Keuanganen_US
dc.subjectNilai Perusahaanen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record