dc.description.abstract | Gojek merupakan salah satu penyedia layanan jasa transportasi online
khususnya sepeda motor. Gojek menjadi salah satu solusi utama dalam
pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian ditengah
kemacetan. Aplikasi gojek dapat diunduh pada smartphone yang memiliki Ios dan
Android. Gojek adalah perusahaan dengan total transportasi terbesar di Indonesia
dari hasil riset “Lembaga Riset Global” (GFK) total keseluruhan dari pengguna
aplikasi Gojek hingga sekarang ini mecapai 21,6% dari jumlah semua total
pengguna aplikasi teknologi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang
yang menentukan kepuasan konsumen dalam menggunakan ojek online Gojek
berbasis aplikasi di kota Jember. 2) Untuk mengetahui faktor yang menempati
urutan pertama yang menentukan keputusan konsumen dalam menggunakan ojek
online Gojek berbasis aplikasi di kota Jember. Objek pada penelitian ini adalah
konsumen pengguna Gojek. Seluruh variabel dalam penelitian ini berjumlah 20
variabel, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Explanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang
menggunakan ojek online berbasis aplikasi di kota Jember. Metode pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan
jumlah sampel 140 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis faktor.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan
kepuasan konsumen berpegaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
menggunakan ojek online Gojek berbasis aplikasi di Kota Jember. | en_US |