Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAHRUDIN, Mochamad
dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.authorMAHARANI, Shinta Putri
dc.date.accessioned2019-11-26T04:09:14Z
dc.date.available2019-11-26T04:09:14Z
dc.identifier.nimNIM160810201305
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95918
dc.description.abstractMeningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, mengakibatkan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap kinerja karyawan semakin meningkat pula. Salah satu upaya mengantisipasi upaya tersebut, pihak rumah sakit menjaga kualitas pelayanan kepada pasien, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kinerja terus menerus agar dapat diketahui kelemahan dan kekurangan dari jasa pelayanan kesehatan pada rumah sakit tersebut. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen (pasien) terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Srikandi IBI Jember merupakan rumah sakit swasta dibawah kepemilikan Yayasan Buah Delima Jember dengan ijin penyelenggaraan berupa Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. YM.02.04.3.5.5401 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU.10786AH.01.01 Tahun 2014 Rumah sakit ini lahir dari adanya kemauan dan semangat kebersamaan dari para anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Jember. Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) Srikandi IBI Jember merupakan rumah sakit yang telah terakreditasi dan dinyatakan lulus penuh dengan 5 pelayanan, yang kemudian diikuti oleh turunnya atau terbitnya penetapan kelas C oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari RSIA Srikandi IBI Jember, belum dapat memberikan pelayanan yang puas kepada konsumen (pasien) secara maksimal, pada tahun 2013 kepuasan pasien hanya mencapai 72,4%. Rendahnya capaian tersebut dapat dipengaruhi oleh rendahnya kualitas pelayanan berdasarkan pencapaian SPM (Standar Pelayanan Minimal), kurang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, kurangnya motivasi dari atasan kepada karyawan agar memberikan kinerja dan pelayanan terbaik bagi pasien. Keberhasilan suatu rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara bermutu serta aman dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah manajemen rumah sakit, Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, dan manajemen keuangan. Sumber Daya Manusia atau pemberi pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penentu dari mutu rumah sakit, yang harus dikelola dengan baik Rancangan penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada RSIA Srikandi IBI Jember yang berjumlah 122 karyawan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel penelitian ini adalah berjumlah 76 responden yang diambil dengan kriteria sebagai tenaga medis dan karyawan yang lama bekerja diatas 1 tahun pada RSIA Srikandi IBI Jember. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan mosional akan meningkatkan motivasi karyawan, pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf signifikansi sebesar 0,015. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan spiritual akan meningkatkan motivasi karyawan, kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional akan meningkatkan kinerja karyawan, kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf signifikansi sebesar 0,014. Ini membuktikan bahwa semakin tinggi kecerdasan spiritual akan meningkatkan kinerja karyawan, motivasi terhadap kinerja karyawan menunjukkan hubungan yang positif dengan taraf signifikansi sebesar 0,020. Ini membuktikan bahwa semakin baik motivasi akan meningkatkan kinerja karyawan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries160810201305;
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectKecerdasan Spiritualen_US
dc.subjectKinerja Karyawanen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectVariabel Interveningen_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Rsia Srikandi Ibi Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record