Show simple item record

dc.contributor.advisorWulandari, . Deasy
dc.contributor.advisorGumanti, Tatang A
dc.contributor.authorAbidin, Zainul
dc.date.accessioned2019-11-25T06:49:22Z
dc.date.available2019-11-25T06:49:22Z
dc.identifier.nimNIM. 130810201004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95295
dc.description.abstractWisata religi makam Gus Dur terbukti mampu mendatangkan banyak pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. setelah wafat, kharisma Gus Dur melebihi realitas kehidupannya. Kharisma spiritual yang eksotis, begitu lekat dan fenomenal. Setiap hari wisata religi makam Gus Dur dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Kesadaran masyarakat atas brand Gus Dur sebagai tokoh yang plural dan religius mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, berziarah atau hanya sekedar berwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh variabel spiritual branding dan brand awareness terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini bertempat di kawasan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Waktu penelitian selama 25 hari, menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Semua wisatawan yang berkunjung di wisata religi makam Gus Dur yang berziarah atau hanya berwisata diambil sebagai Populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabily sampling. Sedangkan penentuan pengambilan jumlah responden (sampel) dilakukan melalui teknik conveniance sampling. Responden diambil sebanyak 91 orang wisatawan. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis regresi linier berganda digunakan seagai analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spiritual branding yang terdiri atas body, mind, soul, spirit berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di wisata religi makam Gus Dur. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik spiritual branding seorang tokoh atau pemimpin yang dikenal, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan tentu akan mempengaruhi keputusan berkunjung di wisata religi makam Gus Dur. Terbukti adanya pengaruh signifikan spiritual branding terhadap keputusan berkunjung. Brand awareness yang terbentuk dari unaware of brand, brand recognition, brand recall, top of mind berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan diwisata religi makam Gus Dur. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi brand awareness yang dimiliki pengunjung, maka akan meningkatkan kunjungan yang kemudian dipertimbangkan sebagai alternative keputusan berkunjung. terbukti dengan adanya pengaruh signifikan brand awareness terhadap keputusan berkunjung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSPIRITUAL BRANDINGen_US
dc.titlePENGARUH SPIRITUAL BRANDING AWARENESS BERKUNJUNG WISATAWAN DI THE INFLUENCE OF SPIRITUAL ON THE TOURISTS VISITING DECISIONS IN THE RELIGIOUS TOURISM UNIVERSITAS JEMBER FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS i DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN WISATA RELIG MAKAM GUS DUR BRANDING AND BRAND AWARENESS OF GUS DUR’S GRAVEen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record