dc.description.abstract | RINGKASAN
Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran
Fisika Kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2012/2013
; Ita Dwi
Puspita, 080210102034; 2013: 51 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 7 Jember menunjukkan bahwa
dikelas VIIIH terdapat permasalahan yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar fisika. Hal ini ditunjukkan data observasi dari 37 siswa diperoleh data berikut:
tidak ada siswa yang bertanya, 3 siswa aktif menjawab dan 17 siswa mencatat
sedangkan sisanya mengobrol sendiri. Sedangkan data ketuntasan hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa dari 37 siswa ditemukan 5 siswa tuntas atau sebesar 13,51%
siswa yang mendapat nilai
≥70, dan 32 siswa tidak tuntas.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan
model children learning in science yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7
Jember.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah peningkatan aktivitas
belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran
Children Learning In
Science (CLIS) pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember? (2)Bagaimanakah
peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran
Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7
Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa selama
menggunakan model children learning in science pada siswa kelas VIIIH di SMP
Negeri 7 Jember, (2) Meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa setelah
menggunakan model
children learning In Science pada siswa kelas VIIIH di SMP
Negeri 7 Jember.
vii
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah
ditentukan yaitu kelas VIIIH SMP Negeri 7 Jember pada tahun ajaran 2012/2013
materi alat optik. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi,
dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh adalah data aktivitas siswa dan
ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 serta wawncara kepada
guru bidang studi dan siswa serta hasil
post test.
Berdasarkan hasil analisis data dari pra siklus, siklus 1, ke siklus 2 aktivitas
belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan
analisis ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada pra siklus sebesar 32,43%, pada
siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54,05% dan pada siklus 2 meningkat
menjadi 75,67%.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
children
learning in science
dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar
siswa kelas VIIIH di SMP Negeri 7 Jember. | en_US |