dc.description.abstract | Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan aset yang paling penting di dalam kegiatan operasional perusahaan. Berhasil tidaknya sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan telah ditetapkan sebelumnya bahwa sangat bergantung pada kemampuan sumber daya manusia dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Pertumbuhan organisasi yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk bersikap responsif agar mampu bertahan dan berkembang. Untuk mendukung pertumbuhan organisasi tersebut, dibutuhkan adanya perubahan individu. Proses penyelarasan tersebut dimulai dari pimpinan perusahaan itu sendiri. Peran kepemimpinan menjadi sangat strategis dalam sebuah organisasi sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam pencapaian visi dan misi organisasi. Selain itu, disiplin kerja dan kinerja karyawan yang baik pun dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan sesuai visi dan misi perusahaan.
Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik.
Semua pelayanan publik yang diberikan esensinya adalah untuk membantu dan memperlancar kehidupan masyarakat agar mampu mencapai tujuan manusia secara umum yaitu kesejateraan. Negara menciptakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. PT. Pos Indonesia (persero) adalah salah satu BUMN tertua yang ada di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Serta Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Pada Karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember yakni berjumlah 50 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari responden, dalam penelitian ini adalah berupa jawaban responden atas pernyataan yang diajukan dalam kuesioner. Data sekunder diperoleh dari arsip atau laporan yang tersedia atau informasi tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keadaan objek penelitian. Selain itu dilakukan pula wawancara dalam proses pengumpulan data. Variabel dalam penelitian ini menggunakan Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1), Budaya Organisasi (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) sebagai variabel bebas, Disiplin Kerja (Z) sebagai variabel
intervening dan Kinerja (Y) sebagai variabel terikat, metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja PT. Pos Indonesia Cabang Jember, gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja PT. Pos Indonesia Cabang Jember, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap disiplin Kerja PT. Pos Indonesia Cabang Jember, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Jember. | en_US |