dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
variabel kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Medin
Beauty Skin Care Balung Jember. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
pelangan Medin Beauty Skin Cae Balung dari awal berdiri tahun 2012 hingga
tahun 2016 yakni berjumlah 1031 pelanggan. Sampel yang digunakan adalah
sebagian dari populasi pelanggan yakni berjumlah 115 responden. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh langsung dari responden, dalam penelitian ini adalah berupa jawaban
responden atas pernyataan yang diajukan dalam kuesioner. Data sekunder
diperoleh dari arsip atau laporan yang tersedia atau informasi tentang beberapa hal
yang berkaitan dengan keadaan objek penelitian. Variabel dalam penelitian ini
menggunakan variabel kualitas layanan yaitu Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2),
Ketaggapan (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) sebagai variabel bebas,
Kepuasan (Z) sebagai variabel intervening dan Loyalitas (Y) sebagai variabel
terikat, metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik berpengaruh positif
terhadap kepuasan pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung Jember, bukti fisik
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung
Jember, keandalan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Medin Beauty Skin
Care Balung Jember, keandalan berpengaruh positif terhadap loyalitas Medin
Beauty Skin Care Balung Jember, ketanggapan berpengaruh positif terhadap
kepuasan pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung Jember, keandalan
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung
Jember, jaminan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Medin Beauty
Skin Care Balung Jember, jaminan berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung Jember, empati berpengaruh positif
terhadap kepuasan pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung Jember, empati
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan berpengaruh
positif terhadap loyalitas pelanggan Medin Beauty Skin Care Balung Jember. | en_US |