dc.description.abstract | Branding Kampung Pepaya California di Desa Pontang merupakan
branding yang diberikan kepada desa Pontang karena memiliki keunikan dimana
masyarakat desa Pontang banyak yang menanam papaya California serta memiliki
kualitas bagus yang diminati pasar, kuantitas cukup besar mampu memenuhi 5
pasar di Jawa Timur ( surabaya, sidoarjo, dan lamongan), Yogyakarta, Semarang
dan Jakarta. Permintaan papaya California yang terus meningkat membuat
peluang pasar yang cukup besar, sehingga pertanian papaya California di Desa
pontang terus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kondisi dan potensi alam yang dimiliki desa Pontang, menentukan
branding desa Pontang, mengetahui persepsi masyarakat terhadap produk yang
dihasilkan desa Pontang dan mengenalkan potensi yang dimiliki desa Pontang.
Objek pada penelitian ini adalah Desa Pontang Kecamatan Ambulu
Kabupaten Jember, metode pengumpulan data menggunakan metode triangulasi
yaitu dengan melakukan wawancara yang mendalam kepada 5 informan yaitu
kepala desa Pontang, ketua kelompok tani, pemilik distributor UD. Bintang Buah,
petani pepaya California dan konsumen , pengamatan (Observasi) lapangan, serta
dengan melakukan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode
huberman, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, memverifikasi
data kemudian mengambil kesumpulan dari data yang telah dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Pontang layak diberikan
Branding Kampung Pepaya California, karena memiliki kondisi alam yang sangat
mendukung, kuantitas buah papaya California yang banyak, dan kualitas yang
bagus, papaya California yang dihasilkan dari Desa Pontang memiliki banyak
keunggulan dibandingkan dengan papaya California yang dihasilkan dari daerah
lain, seperti daging buah yang padat, manis, memiliki sedikit biji, kulit buah yang
halus serta tidak mudah busuk walaupun tidak disimpan di lemari es. | en_US |