Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSANTO, Tantut
dc.contributor.advisorNUR, Kholid Rosyidi Muhammad
dc.contributor.authorNURMALASARI, Siti
dc.date.accessioned2019-11-15T01:54:49Z
dc.date.available2019-11-15T01:54:49Z
dc.date.issued2019-02
dc.identifier.nimNIM152310101338
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94366
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa 44 anak tunarungu (86,3%) mendapat dukungan sosial yang baik dan 31 anak tunarungu (60,6%) memiliki konsep diri rendah. Adapun komponen dukungan sosial yang paling banyak diterima anak adalah dukungan sosial teman (29,4%) dan dukungan sosial kakak/adik (29,4%). Kehadiran teman sebaya dapat mengatur permainan yang kooperatif sehingga dapat memenuhi kualitas permainan anak – anak dengan tunarungu. Dengan demikian anak – anak dapat terlibat dalam tingkat permainan sosial yang lebih tinggi ketika berinteraksi dalam kelompok – kelompok dimana ada teman sebaya. Disamping itu dukungan sosial kakak/adik kepada anak tunarungu juga berhubungan dengan konsep diri anak tunarungu. Hal tersebut dikarenakan anak tunarungu menghabiskan waktu lebih banyak dengan kakak/adiknya dibandingkan dengan orang tuanya ketika berada dirumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan konsep diri anak tunarungu usia 7 – 12 tahun di SLB Kabupaten Jember. Namun, hubungan berbanding terbalik dimana anak tunarungu yang memiliki dukungan sosial tinggi, memiliki konsep diri yang rendah. Hal tersebut dipengaruhi karena dari lima komponen dukungan sosial, hanya dua komponen yaitu dukungan sosial teman dan dukungan sosial kakak/adik yang berhubungan dengan konsep diri sedangkan untuk ketiga komponen lainnya, dukungan sosial orang tua, sdukungan sosial saudara dan dukungan sosial orang dewasa tidak berhubungan dengan konsep diri anak tunarungu usia 7 – 12 tahun di SLB Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries152310101338;
dc.subjectTunarunguen_US
dc.titleHubungan Dukungan Sosial Dengan Pencapaian Perkembangan Konsep Diri Anak Tunarungu Usia 7 – 12 Tahunen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record