Show simple item record

dc.contributor.authorFAUZIAH, Desi Nurfiana
dc.date.accessioned2019-11-12T03:39:18Z
dc.date.available2019-11-12T03:39:18Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.nim150810101131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94175
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dayasaing dan faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat ekspor kentang Indonesia di negara Singapura dan Malaysia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan analisis OLS. Negara tujuan ekspor kentang Indonesia adalah Singapura dan Malaysia. Penelitian ini menggunakan data time series tahunan mulai 1989 sampai 2018. Hasil analisis RCA menunjukkan bahwa kentang Indonesia memiliki daya saing yang cukup kuat di negara Singapura pada tahun 1999-2017, meskipun pada tahun 1999-2003 nilai RCA Singapura kalah dengan Malaysia. Sedangkan di Malaysia, kentang Indonesia memiliki dayasaing kuat hanya pada tahun 1999-2006. Hasil analisis EPD kentang Indonesia di pasar Singapura berada pada posisi retreat dan Malaysia berada pada posisi lost opportunity. Hasil analisis OLS dikedua negara menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat ekspor kentang adalah GDP negara tujuan dan nilai tukar riil. Sedangkan harga ekspor hanya berpengaruh pada negara Singapura.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jemberen_US
dc.subjectEkspor kentang, Daya saing, OLS.en_US
dc.titleAnalisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Ekpor Kentang di Singapura dan Malaysiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiEkonomi Pembangunan
dc.identifier.kodeprodi0810101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record