• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Getaran Harmonis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sma

    Thumbnail
    View/Open
    Ria Intandari-140210102088-.pdf (7.635Mb)
    Date
    2018-07-10
    Author
    RIA, Intandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang berkaitan erat dengan fenomena dan kejadian alam, untuk mendukung kegiatan belajar siswa di kelas dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu berkembangnya pemikiran siswa adalah LKS (Lembar Kerja Siswa). LKS ini dapat membantu siswa dalam memecahkan sebuah masalah dan dapat mengembangkan keterampilannya. Dengan penggunaan media yang tepat untuk menunjang LKS salah satunya dalah simulasi PhET, dengan simulasi PhET ini mempermudah siswa dalam melakukan praktikum secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS berbantuan simulasi PhET yang valid dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk mendapatkan produk. Produk pada penelitian ini berupa LKS berbantuan simulasi PhET pada materi getaran harmonis yang diujikan pada siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2017/2018. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil validasi bahan ajar, hasil pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa setelah menggunakan LKS. Berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi pengguna diperoleh bahwa LKS berbantuan simulasi PhET yaitu dalam kategori valid. Besar nilai validasi ahli yaitu 78,6% sedangkan validasi pengguna yaitu sebesar 83,3%. Kedua hasil dari validasi ahli aupun validasi pengguna ini masuk dalam kategori valid dengan keterangan boleh digunaan dengan sedikit revisi. Untuk keterampilan berikir kritis hasil tes uraian ini dianalisis dengan menggunakan N-gain dengan hasil keseluruhan yaitu sebesar 0,51 dengan kriteria sedang. Sehingga LKS berbantuan simulasi PhET dapat dikatakan valid dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET secara keseluruhan memperoleh hasil sebesar 94% sehingga respon siswa terhadap LKS (Lembar Kerja Siswa) berbantuan Simulasi PhET masuk dalam kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) LKS berbantuan simulasi PhET memperoleh hasil uji validasi ahli dan validasi pengguna dalam kategori valid, 2) keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET mengalami peningkatan dengan kategori sedang, 3) respon siswa setelah menggunakan LKS berbantuan simulasi PhET masuk dalam kategori sangat positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/93849
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository